NILAI-NILAI PENDIDIKAN INFORMAL YANG TERKANDUNG DALAM Q.S LUQMAN/31 : 13-19 PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISBAH KARYA PROF. DR. M QURAISH SHIHAB
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk menggali Nilai-Nilai Pendidikan Informal yang terkandung dalam kisah Luqman Al-Hakim ketika mendidik anaknya yang dikisahkan dalam Q.S Luqman/ 31: 13-19 dalam Perspektif Tafsir Al-Misbah karya Prof. Dr. M Quraish Shihab.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan sifat penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan pedagogis filosofis. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah riset kepustakaan, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu Tafsir Al-Misbah, dan sumber data sekunder yaitu segala dokumen atau tulisan yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis deduktif.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Q. S Luqman/31 : 13-19 dalam perspektif tafsir Al-Misbah merupakan ayat Al-Qur’an yang menceritakan tentang kisah seorang manusia biasa yang mendapat hikmah dari Allah Swt yang mengajarkan anaknya perihal bagaimana menjalani kehidupan dunia agar dapat bahagia di dunia maupun di akhirat, melalui kisah Luqman Al-Hakim, peneliti menemukan pembelajaran tentang nilai-nilai pendidikan informal (keluarga) dalam Q.S Luqman/31 :13-19 tersebut, dan (2) Nilai-nilai pendidikan informal dalam Q.S Luqman/31 :13-19 adalah baaimana metode pembelajaran yang digunakan oleh Luqman Al-Hakim ketika mendidik anaknya, apa teknik teknik pembelajaran yang digunakan oleh Luqman dalam mendidik anak, bagaimana bahan ajar yang disampaikan oleh Luqman kepada anaknya dalam pendidikan keluarga atau pendidikan informal, dan bagaimana karakter yang harus dimiliki oleh orang tua sekaligus pendidik bagi anaknya dalam pendidikan keluarga atau pendidikan informal.