PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 4 MODEL PAREPARE
Abstract
Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Aplikasi WhatsApp Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik di SMPN 4 Model Parepare Kelas VII. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kreativitas mengajar guru pendidikan agama islam menggunakan aplikasi whatsapp minat belajar peserta didik.
Jenis penelitian adalah Ex Post Facto. Lokasi penelitian bertempat di SMPN 4 Model Parepare. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sumberdata yang digunakan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Populasi berjumlah 118 peserta didik dan sampel berjumlah 25 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi instrumen, analisis statistik deskriftif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti berdasarkan analisis data yaitu 1) Hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp 58,1656 berada pada kategori sedang dengan standar deviasi 4,03903; 2) Skor rata-rata untuk Minat Belajar Peserta Didik 52,8672 berada pada kategori rendah dengan standar deviasi 4,08277; 3) Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Menggunakan Aplikasi Whatsapp Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik di SMPN 4 Model Parepare dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05.