HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH LAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM ‘AISYIYAH ST. KHADIJAH KABUPATEN PINRANG

  • Devy Nurbayty Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Ramlan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Usman Usman Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Hubungan pasien, Bauran pemasaran, Keputusan pasien

Abstract

Bauran pemasaranadalah  unsur dalam mencapai suatu tujuan pemasaran yang efektif dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dasar Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan bahwa apakah produk, harga, promosi, dan tempat mempengaruhi keputusan memilih layanan kesehatan pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah St. Khadijah Kabupaten Pinrang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional.Peneliti mengidentifikasi melalui penelitian obserasional dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner pada sampel, dimana sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 responden. Data dianalisis secara univariat dan bivariat  menggunakan uji statistik Chi Square  melalui SPSS Versi 24.Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk (0,001), harga (0,000), promosi (0,000) dan tempat (0,000) berpengaruh terhadap keputusan memilih layanan kesehatan pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum ‘Aiyiyah St Khadijah Kabupaten Pinrang.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diharapkan bagi RSU ‘Aisyiyah St. Khadijah agar melakukan pembangunan untuk menambah kamar perawatan, dimana kunjungan pasien yang terus meningkat setiap tahunnya sehingga perlunya perkembangan dari segi pembangunan.

Published
2022-01-05