Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Pasien RSUD Majene
Abstract
Keberadaan rumah sakit mutlak diperlukan karena setiap orang yang mengalami gangguan kesehatan pasti membutuhkan pengobatan dan salah satu penyedia layanan kesehatan adalah rumah sakit. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh Integrated Marketing Communication terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD Majene. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survey analitik dengan pendekatan cross sectional study dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pasien yang mengunjungi rumah sakit dalam periode penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan kategori umum yang diambil secara acak. Analisis data yang digunakan yaitu univariat dan bivariat untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen melalui uji Chi-Square. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa iklan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD Majene dengan nilai p = 0,004, romosi berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD Majene dengan nilai p = 0,005, Hubungan masyarakat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD dengan nilai p = 0,001, komunikasi berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD dengan nilai p = 0,001, pelayanan kesehatan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD dengan nilai p = 0,001. Selain fokus pada pemasaran, rumah sakit juga perlu memastikan bahwa kualitas layanan tetap tinggi. Kesan positif dari pasien yang mendapatkan pelayanan yang baik akan mendorong loyalitas pasien.