Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Pasien RSUD Majene

  • Khairunnisa Yanas Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Usman Usman Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Makhrajani Majid Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Rasidah Wahyuni Sari Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Ayu Dwi Putri Rusman Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
Keywords: Integrated Marketing Communication, Kunjungan Pasien, RSUD Majene

Abstract

Keberadaan rumah sakit mutlak diperlukan karena setiap orang yang mengalami gangguan kesehatan pasti membutuhkan pengobatan dan salah satu penyedia layanan kesehatan adalah rumah sakit. Tujuan Penelitian untuk mengetahui  pengaruh Integrated Marketing Communication terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD Majene. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survey analitik dengan pendekatan cross sectional study dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pasien yang mengunjungi rumah sakit dalam periode penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan kategori umum yang  diambil secara acak. Analisis data yang digunakan yaitu univariat dan bivariat untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen melalui uji Chi-Square. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa iklan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD Majene dengan  nilai p = 0,004, romosi berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD Majene dengan nilai p = 0,005, Hubungan masyarakat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD dengan nilai p = 0,001, komunikasi berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD dengan nilai p = 0,001, pelayanan kesehatan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan pasien di RSUD dengan  nilai p = 0,001. Selain fokus pada pemasaran, rumah sakit juga perlu memastikan bahwa kualitas layanan tetap tinggi. Kesan positif dari pasien yang mendapatkan pelayanan yang baik akan mendorong loyalitas pasien.

Published
2024-09-27