Tingkat Kepuasan Pekerja Terhadap Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan di SPBE PT. Pinrang Gas Pratama Kab. Pinrang
Abstract
BPJS Ketenagakerjaan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara jaminan
sosial sangat erat kaitannya dengan para pekerja maupun pihak pemberi kerja ataupun korporasi, hal
ini terlihat dalam hubungan yang berkaitan dengan pembayaran premi yang nantinya akan dibayarkan
pihak korporasi untuk menjamin pekerjanya agar mendapatkan program jaminan sosial yang
diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
tingkat kepuasan pekerja SPBE PT. Pinrang Gas Pratama terhadap pelayanan BPJS Ketenagakerjaan
dilihat dari kehandalan (reliability), jaminan (assurance), bukti fisik (tangibles), empati (emphaty) dan
daya tanggap (responsiveness). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif, dengan jumlah informan sebanyak 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa kelima indikator terhadap kepuasan pekerja di SPBE PT. Pinrang Gas Pratama
sudah cukup baik, namun masih ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan seperti halnya:
kesopanan petugas dalam melayani pasien, meningkatkan fasilitas serta peralatan yang belum lengkap,
dan cepat tanggap dalam menangani pasien agar tercipta sebuah kepuasan pasien yang menjadi
kepuasan pekerja dalam menggunakan BPJS Ketenagakerjaan. Saran dari penelitian ini yaitu peneliti
menyarankan agar perlu adanya kegiatan sosialisasi oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan terhadap
nasabahnya agar peserta yang minim informasi bisa menikmati layanan BPJS Ketenagakerjaan tanpa
adanya kendala