Implementasi Pembinaan Puskesmas Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Siswa Dalam Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah Di Tingkat Sekolah Dasar

  • Selviani Selviani Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Makhrajani Majid Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Rasidah Wahyuni Sari Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Usman Usman Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, UKS

Abstract

Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan siswa usia sekolah dan merupakan salah satu langkah krusial dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Pembinaan dan pengembangan UKS merupakan program yang dibuat untuk mendukung dan mengembangkan UKS dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang diwujudkan dalam perilaku hidup bersih dan sehat. Sasaran dari program ini adalah terwujudnya tumbuh kembang yang harmonis dan ideal di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang diketahui, dipikirkan, dan dilakukan siswa SDN 91 Sumbang dan SDN 147 Pelali terkait dengan pelaksanaan program UKS. Dengan jumlah sampel 66 responden, penelitian ini menggabungkan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di SDN 91 Sumbang dan SDN 147 Pelali yang terletak di Desa Buntu Pema, Enrekang, dan Kelurahan Curio. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Analisis data menggunakan SPSS Versi 25 secara univariat dan bivariat menggunakan uji regresi linier sederhana, dengan parameter Ha diterima jika p < 0,05 dan H0 ditolak jika p > 0,05. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa sikap (p = 0,001) dan perilaku (p = 0,000) dan (p = 0,004), serta keahlian (p = 0,000) secara bersama-sama mempengaruhi pelaksanaan program UKS. Saat menerapkan program UKS, peneliti menyarankan para pendidik dan profesional kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik mereka.

Kata kunci : Pengetahuan; Sikap;Perilaku; UKS.

Published
2024-09-27