Hubungan Lama Penggunaan dan Jarak Pandang Gadget dengan Ketajaman Penglihatan pada Anak Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Fajar Agung Kecamatan Pringsewu
Abstract
Gangguan penglihatan merupakan masalah kesehatan yang penting pada anak, karena 80% informasi didapatkan selama 12 tahun pertama kehidupan anak didapatkan melalui penglihatan. Adanya perkembangan teknologi berupa gadget juga menjadi factor adanya gangguan ketajaman penglihatan akibat penggunaan gadget yang kurang baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan lama penggunaan dan jarak pandang gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak sekolah dasar di SD Negeri 1 Fajar Agung Kecamatan Pringsewu. Jenis penelitian analitik dengan menggunakan rancangan Cross Sectional. Populasi penelitian adalah siswa SD Negeri 1 Fajar Agung Kecamatan Pringsewu Kab Pringsewu dengan sampel sebanyak 92 siswa yang dilakukan pada Bulan Juli 2023. Analisis penelitian meliputi univariat dan bivariat. Uji korelasi digunakan untuk melihat hubungan lama penggunaan dan jarak pandang gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan lama penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan (p value sebesar 0,009 atau p value < α (0,05) dan tidak ada hubungan antara jarak pandang dengan ketajaman penglihatan (p value sebesar 0,309 atau p value > α (0,05) pada anak sekolah dasar di SD Negeri 1 Fajar Agung Kecamatan Pringsewu. Disarankan kepada puskesmas setempat untuk memberikan edukasi tentang dampak lama penggunaan dan jarak pandang gadget dengan ketajaman penglihatan dan melakukan pemeriksaan tajam penglihatan ke sekolah- sekolah dasar di wilayah kerjanya agar dapat mencegah terjadinya penurunan tajam penglihatan sedini mungkin.
Kata Kunci : Lama Penggunaan Gadget, Jarak Pandang Gadget, Ketajaman Penglihatan