Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepatuhan Kunjungan Ibu untuk Menimbangkan Balita ke Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Tiuh Toho Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2023
Abstract
Permasalahan terkait dengan tidak terpantaunya pertumbuhan balita diantaranya yaitu kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk membawa balitanya ke posyandu yang salah satunya yaitu penimbangan balita secara rutin setiap bulannya yang dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan balita seperti gizi buruk, kekurangan vitamin dan mineral, infeksi, dan gangguan perkembangan selanjutnya. Hasil prasurvey menunjukkan cakupan kunjungan ke posyandu belum mencapai target hanya sebesar 58,67% dengan target sasaran 100%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan Kepatuhan Kunjungan Ibu balita ke Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Tiuh Toho Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2023. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh ibu yang memiliki balita dan sampel adalah ibu balita di wilayah kerja Puskesmas Tiuh Tohou dengan jumlah sampel yang diambil 87 responden yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Cara pengumpulan data dengan wawancara Analisa data menggunakan univariat dan bivariat dengan analisis statistik menggunakan chi square. Hasil analisis univariat didapatkan sebanyak 59,8% ibu balita tidak patuh dalam kunjungan ke posyandu. Hasil uji menunjukan ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan posyandu (p value: 0,023; OR: 3,067), pelayanan kader (p value: 0,044; OR: 2,708), kondisi fasilitas posyandu (p value: 0,009 dan OR: 3,619), dan kehadiran tenaga kesehatan (p value: 0,023 dan OR: 3,152) dengan kunjungan ibu balita ke Posyandu. Pihak puskesmas diharapkan melaksanakan pelatihan SOP dan pelatihan tentang pengelolaan posyandu kepada para kader, memberikan jadwal rutin kepada tenaga kesehatan agar dapat rutin mengunjungi puskesmas yang ada di wilayah kerjanya serta memberikan inventarisasi sarana dan prasarana yang ada di posyandu agar tetap sesuai dengan standar.