Pengaruh Media Promosi Penyuluhan terhadap Perilaku Unmet Need KB Pada Pasangan Usia Subur (Pus) di Nagari Sijunjung Tahun 2023

  • Nuswita Nuswita Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Elfindri Elfindri Magister Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Unmeed Need KB, Penyuluhan

Abstract

Unmeed Need KB merupakan masalah yang masih banyak terjadi di masyarakat. Unmet Need KB dimaknai sebagai wanita usia subur dengan rentang usia 15-49 tahun yang tidak memakai alat kontrasepsi dengan alasan ingin anak nanti, tidak ingin memiliki anak lagi atau dalam kondisi hamil yang kehamilannya tidak diinginkan atau diinginkan nanti (dalam kurun waktu 2 tahun atau lebih). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media promosi penyuluhan terhadap perilaku Unmet Need KB pada Pasangan Usia Subur (PUS). Penelitian dilakukan di Nagari Sijunjung Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Quasi Eksperiment Design dengan bentuk OneĀ  Group Pre Test Post Test). Cara pengambilan sampel secara proportional random sampling yang terdiri dari 2 strata yaitu wanita menikah usia subur dan tidak hamil tetapi ingin anak nanti/ kemudian dan wanita menikah usia subur dan tidak hamil tetapi tidak ingin anak lagi. Data dianalisis menggunakan univariat dan bivariat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada peningkatan pengetahuan dan sikap responden sebelum dan sesudah diberikan media promosi penyuluhan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah media promosi penyuluhan berpengaruh terhadap perilaku Unmeed Need KB pada Pasangan Usi Subur (PUS).

Published
2023-09-14