Hubungan Pujian Pengasuh Dengan Empati Anak

  • Yuri Nurdiantami Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Annisa Silmy Amalia Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Bahiiza Shadrina Zhafarin Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Fatimah Zulkarnaen Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Faza Duta Pramudyawardani Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Pujian pengasuh, empati anak, IRS

Abstract

Pujian pengasuh terhadap anak menjadi salah satu bentuk usaha yang dapat mengembangkan perilaku empati anak. Dengan pujian tersebut akan memberikan efek keuntungan pada anak tentang suatu afirmasi hasil kinerja aktualnya sehingga pujian merupakan suatu kebutuhan yang harus diberikan dan dirasakan oleh anak. Pujian yang didapat dari pengasuh tersebut bertujuan sebagai alat dalam meningkatkan keyakinan dan nilai-nilai dari hasil pengasuhan yang didapatkan oleh anak-anak. Sedangkan tujuan dengan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pujian pengasuh dengan empati anak melalui beberapa variabel. Metode penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dengan melakukan survey online melalui studi kasus penelitian cross sectional kualitatif. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Penilaian Interaksi atau Interaction Rating Scale (IRS). Penelitian ini dilakukan di wilayah Kab/Kota Depok dan Bekasi dengan jumlah responden sebanyak 100 responden yang akan digunakan sebagai variabel independen uji coba. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS V.25. dengan uji Fisher Exact. Berdasarkan hasil uji variabel tersebut didapatkan kesimpulan bahwa pada penelitian ini terdapat atau memiliki hubungan antara pujian pengasuh dengan empati anak dimana hasil dari signifikansi beberapa variabel penelitian menunjukan suatu hubungan dengan nilai p<0,05. Selain itu, pada suatu pengujian variabel faktor umum seperti variabel usia, jenis kelamin, ataupun pendidikan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik anak dengan sikap empati anak.

Published
2023-05-06