PERILAKU PENGENDARA TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN BARRU

  • Sabir Gazali Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Hakzah Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Imam Fadly Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Perilaku Berkendara, Keselamatan Berkendara, SPSS

Abstract

Faktor yang menyebabkan kecelakaan dijalan raya yaitu manusia atau pengendara. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristrik pengendara dan hubungan perilaku pengendara terhadap kecelakaan lalulintas yang berada di wilayah Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif yang merupakan metode penelitian yang banyak menuntut penggunaan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, Populasi yang diambil sebanyak 405 responden. Kemudian data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis data SPSS 25. Dari hasil analisis karakteristik data  adalah jenis kelamin laki-laki 59,1% dan perempuan 40,9 % dengan kepemilikan SIM C 48%, SIM A 34%, SIM B 18% dan SIM D (disabilitas) 0%, adapun responden dengan kepemilikan SIM ganda yaitu sebanyak 144 dari total responden serta usia 17 – 25 tahun dengan presentase 68,6% diikuti usia 26 - 45 tahun dengan presentase sebanyak 27,2% dan usia 45 – 65 tahun memiliki presentase sebanyak 4,2%. Dari pengolahan data hubungan perilaku pengendara terhadap kecelakaan lalulintas memperlihatkan hasil uji korelasi yaitu nilai Pearson Correlation R (koefisien Korelasi) sebesar 0,777 yang berarti tingkat hubungan antara pelanggaran ringan (X1) dan pelanggaran agresif (X2) terhadap  keselamatan berkendara (Y) secara simultan memiliki hubungan korelasi yang kuat.

References

A. Disassa dan H. Kebu. “Psychosocial Factors As Predictors Of Risky Driving Behavior And Accident Involvement Among Drivers In Oromonia Region, Ethiopia,” vol. 5, hlm. 6, November 2021. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e01876.

A. Jakonen, M. Manty dan H. Nordquist. “Structured Communication During Emergency Response Driving: Safety-Critical Points Identified By Finnish Emergency Response Driving Experts,” hlm. 7, Maret 2022 https://doi.org/10.1016/j.auec.2022.03.002.

A. A. Samekto dan Jumaizi. “Pengaruh Keterampilan, Konsentrasi dan Kondisi Jalan Terhadap Keselamatan Berkendara di Jalan Majapahit Semarang. Kota Semarang,” vol. 17 no. 1, hlm. 122, September 2017. http://dx.doi.org/10.33556/jstm.v0i1.164.

A. S. Sumantri dan I. Misbahudin. “Faktor Yang Mempengaruhi Keselamatan Berkendara Mobil Diruas Jalan Tol Semarang-Bawen Provinsi Jawa Tengah,” vol. 16 no. 2, hlm. 136, Maret 2017. http://dx.doi.org/10.33556/jstm.v0i2.146.

A. Rasch, S. Moll, G. Lopez, A. Garcia dan M. Dozza. “Drivers And Cyclists Perceptions In Overtaking Maneuvers,” vol. 84, hlm. 173, Januari 2022. https://doi.org/10.1016/j.trf.2021.11.014.

C. Felix dan L.K. Putranto. “Hubungan Pendidikan Di Sekolah Terhadap Perilaku Pengemudi Kendaraan Bermotor Saat Berlalu Lintas,” vol. 1 no. 1, hlm. 29, Agustus 2018. https://repository.untar.ac.id/id/eprint/20990.

C. Tan, Y. Shi, L. Bai, K. Tang, K. Suzuki dan H. Nakamura. “Modeling effects of driver safety attitudes on traffic violationsin China using the theory of planned behaviour,“ hlm. 9, Februari 2022. https://doi.org/10.1016/j.iatssr.2022.02.001.

F. Suwarto, Hartono dan Lukman. “Pengaruh Rasa Takut Terhadap Perilaku Pengendara Usia Remaja : Studi Dengan Driver Behavior Questionnaire (DBQ),” vol. 15 no. 2, hlm. 135, November 2019. https://doi.org/10.25077/jrs.15.2.129-139.2019.

J. J. Fernandez, M. C. Paringit, J. R. Salvador, P. I. Lucero dan J. G. Galupino. “Driver’s Road Accident Factor Prioritization Using AHP In Relation To Mastery Of Traffic Signs In The City Of Manila,” vol. 48, hlm. 1323, 2022. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2020.08.158.

L. Lady. “Efek Usia, Pengalaman Berkendara, Dan Tingkat Kecelakaan Terhadap Driver Behavior Pengendara Sepeda Motor,” vol. 12 no. 1, hlm. 63, Januari 2020. https://doi.org/10.24853/jurtek.12.1.57-64.

M. A. Adriansyah dan M. Rahmi. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal,” vol. 1 no. 1, hlm. 15, Juni 2012. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v1i1.2122.

Wesli. “Pengaruh Pengetahuan Berkendaraan Terhadap Perilaku Pengendara Sepeda Motor Menggunakan Structural Equation Model (SEM),” vol. 5 no. 1, hlm. 50, Maret 2015. http://dx.doi.org/10.29103/tj.v5i1.6.

Published
2022-05-10
Section
Articles