Perancangan Alat Pendeteksi Kandungan Formalin Pada Ikan Berbasis Mikrokontroler

  • Efriansyah Efriansyah Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: formalin, mikrokontroler, sensor grove HCHO, gas, suhu

Abstract

Penggunaan formalin sebagai pengawet dalam bahan makanan sangat berbahaya bagi kesehatan. Keberadaan zat kimia ini masih sangat sulit untuk diidentifikasi tanpa menggunakan alat bantu. Sehingga pada penelitian ini  dirancang sebuh sistem pendeteksi kandungan formalin pada ikan berbasis Mikrokontroler. Perangkat ini menggunakan sensor Grove HCHO untuk mendeteksi kandungan gas yang diperoleh oleh hasil pemanasan ikan yang mengandung bahan formalin. Sampel ikan dimasukkan ke dalam wadah yang dipanasi dengan kompor elektrik. Pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan mencampurkan formalin dengan kadar 0,1 ml dan 0,5 ml pada ikan. Hasil pengujian dengan menggunakan sampel yang sama dengan sepuluh kali percobaan menunjukkan bahwa dengan kandungan formalin 0,1 ml, kandungan gas yang terdeteksi sensor memiliki nilai rata-rata 62,26 ppm. Sedangkan pada pengujian 0,5 ml diperoleh nilai rata-rata 118,44 ppm.

References

E. T. Siburian, P. Dewi, dan N. K. T. Martuti. “Pengaruh suhu dan waktu penyimpanan terhadap pertumbuhan bakteri dan fungi ikan bandeng,” Life Science, vol. 1, no. 2, hlm. 101-105, 2012.

R. Al Fadli. “Analisis Kandungan Zat Pengawet Formalin pada Terasi yang Diperdagangkan di Pasar Tradisional Kota Kendari,” Jurnal Sains dan Teknologi Pangan, vol. 1, no. 1, hlm. 73-38, 2016.

H. Suryadi, M. Kurniadi, dan Y. Melanie. “Analisis formalin dalam sampel ikan dan udang segar dari Pasar Muara Angke,” Majalah Ilmu Kefarmasian, vol. 7, no. 3, hlm. 16-31, 2010.

W. Wikanta. “Persepsi masyarakat tentang penggunaan formalin dalam bahan makanan dan pelaksanaan pendidikan gizi dan keamanan pangan,” BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), vol. 1, no. 2, 2010.

B. Gunawan dan A. Sudarmadji. “Pendeteksian Formalin Pada Bahan Pangan Dengan Sensor Gas Berbasis Polimer Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan,” dalam Prosiding SNST Fakultas Teknik, 2013, hlm 110-115.

M. Rora. “Rancang Bangun Alat Pendeteksi Makanan Yang Mengandung Formalin Berbasis Deret Sensor”. Laporan Akhir. Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Indonesia, 2015.

Published
2021-07-31
Section
Articles