Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra <p><strong>ISTIQRA': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam </strong>yang diterbitkan oleh Prodi Magister Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UM Parepare sebagai instrumen media dalam menyambungkan relasi pemikiran dan gagasan kreatif melalui penelitian dan kajian ilmiah oleh akademisi, peneliti, praktisi dan stakeholder pendidikan Islam. Scope Jurnal&nbsp; ini lebih fokus pada kajian dan analisis pendidikan Islam dan isu-isu sosial dilihat dalam perspektif Islam. Pendekatan analisis pada jurnal ini lebih menekankan pada ranah interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner.</p> <p>ISSN 2548-7906 (Online), 2338-9974 (Cetak)</p> en-US naimalmandari@gmail.com (Muhammad Naim) wardahhadas@gmail.com (Muhammad Naim) Mon, 16 Jun 2025 11:13:52 +0800 OJS 3.1.2.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ISTIQRA' Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam Dan Organisasi ROHIS Terhadap Spiritualitas Peserta Didik Di SMAN 1 Wonomulyo https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3852 <p>Tulisan ini merupakan penelitian tentang sinergitas guru PAI dan organisasi ROHIS terhadap spiritualitas peserta didik di SMAN 1 Wonomulyo. Latar belakang penelitian ini berdasarkan pentingnya peningkatan spiritualitas generasi muda Indonesia yang belakangan ini disorot karena memiliki akhlak yang kurang baik terutama di media sosial. Masalah dari penelitian ini dirumuskan menjadi bagaiamana upaya guru PAI dan organisasi ROHIS secara independen atau bersinergi dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik di SMAN 1 Wonomulyo. <br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dan organisasi ROHIS di SMAN 1 Wonomulyo dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik disana. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif karena akan menyajikan hasil penelitian secara naratif. Peneliti merupakan instrumen penelitian utama dalam penelitian ini. Peneliti yang akan mengambil data di lapangan dan menganalisis data yang diperoleh untuk ditarik kesimpulannya.<br>Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan jumlah peserta didik di SMAN 1 Wonomulyo yang aktif mengikuti kegiatan keagamaan. Meskipun peran tenaga pendidik masih sangat diperlukan untuk mengarahkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan keagamaan dan spiritualitas. Konsistenti kegiatan keagamaan dan spiritualitas yang dilakukan menjadikan peserta didik terbiasa untuk terus mengikuti kegiatan keagamaan dan spiritualitas tersebut Kebiasaan ini bisa menjadi langkah awal bagi para peserta didik dalam meningkatkan kemampuan spiritualitas yang dimiliki. Guru PAI dan organisasi ROHIS juga terus melakukan inovasi untuk memberikan kegiatan keagamaan dan spiritualitas yang menarik bagi peserta didik tanpa mengorbankan kegiatan rutin yang telah berjalan seperti Salat Zuhur berjamaah, Jumat Berkah, Salat Duha dan Kajian Jumat.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Peningkatan Spiritualitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Organisasi ROHIS, Sinergitas</em></p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3852 Mon, 16 Jun 2025 00:00:00 +0800 ISTIQRA' IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH (KARAKTER) PESERTA DIDIK DI MTsN 1 ENREKANG https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3856 <p>Penelitian ini berawal dari adanya kebijakan baru dari Kemendikbud-Ristek tentang penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum ini mulai digunakan di MTsN 1 Enrekang setelah keluarnya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022. Dalam hal ini, MTsN 1 Enrekang ditunjuk sebagai salah satu sekolah percontohan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka di tingkat MTs di Kabupaten Enrekang pada tahun ajaran 2022/2023. Kurikulum Merdeka sendiri tidak cuma fokus ke pelajaran dan cara mengajarnya saja, tapi juga mencakup berbagai hal yang mendukung tumbuh kembang dan pembentukan karakter siswa. Ini sejalan dengan tujuan utama pendidikan, yaitu bagaimana siswa bisa mempunyai kualitas hidup yang lebih baik, baik lewat kegiatan di sekolah maupun aktivitas di luar sekolah.</p> <p>Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan dilaksanakan di MTsN 1 Enrekang. Proses penelitian berlangsung dari bulan Februari sampai April 2025. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi langsung, wawancara dengan pihak terkait, serta menelaah dokumen-dokumen yang relevan.</p> <p>Hasil kajian menunjukkan bahawa pelaksanaan Kurikulum Pembelajaran yang baru dalam membentuk akhlak mulia (karakter) peserta didik di MTsN 1 Enrekang telah terlaksana secara optimal. Kurikulum ini dilaksanakan melalui perbagai strategi seperti pembelajaran berasaskan proyek, pendekatan pembiasan, refleksi diri, dan aktivitas kolaboratif yang sesuai dengan pengalaman belajar. Pendekatan ini telah terbukti mampu meningkatkan sikap disiplin, kejujuran, dan bekerjasama antara pelajar. Guru mempunyai peranan yang besar dalam proses ini, contohnya dengan membimbing siswa dalam pembagian tugas kelompok, memberikan motivasi yang disesuaikan dengan karakter individu, serta membiasakan pemberian umpan balik terhadap sikap dan perilaku peserta didik. Hasil tersebut menegaskan bahwa penguatan akhlakul karimah (karakter) memerlukan keterlibatan emosional, komunikasi yang terbuka, serta proses pembinaan yang konsisten agar nilai-nilai seperti tanggungjawab, kolaborasi, dan kemandirian benar-benar tertanam dalam diri peserta didik.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Merdeka Belajar, Pendidikan, Karakter</p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3856 Tue, 17 Jun 2025 09:38:27 +0800 ISTIQRA' PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 003 BONTANG UTARA https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3921 <p>Penelian ini membahas tentang Penerapan Strategi <em>Kooperatif&nbsp; </em>Tipe <em>Make a Match</em> dalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 003 Bontang Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; a) penerapan Strategi <em>make a match</em> pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 003 Bontang Utara. b) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 003 Bontang Utara . c) hasil belajar peserta didik meningkat setelah diterapkannya metode <em>make a match</em> pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 003 Bontang Utara. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah kebutuhan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan.</p> <p>Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik dan alat pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi dan catatan lapangan. Dengan teknik analisis; reduksi data, penyajian data, simpulan dan verifikasi.</p> <p>Hasil dari penelitian ini bahwa, Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode <em>make a match</em> pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 003 Bontang Utara bahwa dari 12 peserta didik pada tes awal yang berhasil mendapatkan nilai di atas 75 berjumlah 3 peserta didik dengan presentase 25% dan yang belum memenuhi nilai KKM berjumlah 9 peserta didik dengan presentase 75%. Dengan nilai rata-rata 70,7. Aktivitas belajar perserta didik dari siklsu I ke siklus II meningkat sebesar 40%. Peningkatan tertinggi terjadi pada indikator dimana peserta didik saling bekerja sama dalam tugas kelompoknya dengan persentase sebesar 91% dan peningkatan terendah terjadi pada indikator peserta didik bertanya tentang materi pelajaran dengan persentase sebesar 83%.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Strategi <em>Kooperatif&nbsp; </em>Tipe <em>Make a Match</em>, Hasil Belajar</p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3921 Wed, 02 Jul 2025 09:20:26 +0800 ISTIQRA' PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE TALKING STICK PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 005 BONTANG UTARA https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3925 <p>Penelitian ini membahas tentang bagaimana Peningkatan Hasil Belajar cooperative Tipe Talking Stic pada Peserta Didik&nbsp; Kelas V SD Negeri 005 Bontang Utara. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui tentang hasil belajar siswa dengan diterapkannya model <strong><em>Cooperative</em> Tipe <em>Talking Stick</em></strong> dalam pembelajaran PAI khususnya di SDN 005 Bontang Utara.</p> <p>Sebagai penyempurna tulisan ini, penulis menggunakan jenis Penelitian metode penilitian tindakan kelas kualitatif dengan melalui tiga tahapan siklus, Dengan teknik dan alat pengumpulan data; observasi, dokumentasi dan tes. Dengan teknik analisis; reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Hasil belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Negeri 005 Bontang Utara yaitu peserta didik masih cenderung kurang aktif dan pemahaman peserta didik masih kurang, banyak peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM (nilai KKM=70). Dari hasil UTS nilai peserta didik tertinggi adalah 88 dan nilai terendah 62. Pembelajaran <strong><em>Cooperative</em> Tipe <em>Talking Stick</em></strong> dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Negeri 005 Bontang Utara bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar atau Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh Sekolah yaitu 70. Terbukti pada pre test dari 20 peserta didik yang mengikuti tes, 4 peserta didik yang tuntas dan 16 peserta didik yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan hasil belajar 20%. Presentase ketuntasan hasil belajar meningkat pada post test siklus I yaitu 45% dengan 20 peserta didik yang mengikuti tes, 9 peserta didik tuntas dan 11 peserta didik tidak tuntas. Selanjutnya presentase ketuntasan meningkat lagi pada post test siklus II yaitu 85% dengan 20 peserta didik mengikuti tes, 17 peserta didik tuntas dan 3 peserta didik tidak tuntas.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Pembelajaran <em>Cooperative</em> Tipe <em>Talking Stick</em> , Hasil Pembelajaran PAI</p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3925 Wed, 02 Jul 2025 20:22:20 +0800 ISTIQRA' Aktualisasi Kegiatan KeagamaanGuru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Karakter Religiusitas Peserta Didik (Studi Kasus Di SMP Negeri 5 Wonomulyo) https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3926 <p>Penelitian ini membahas tentang Aktualisasi Kegiatan Keagamaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Karakter Religiusitas Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Negeri 5 Wonomulyo). Latar belakang penelitian ini didasarkan pengajaran untuk menyiapkan peserta didik dimasa yang akan datang dengan nilai-nilai religius. Fokus penelitian terbagi menjadi 3 (tiga) aspek pokok, sebagai berikut: (1) penanaman nilai-nilai karakter spritual peserta didik, (2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses pembentukan karakter spritual peserta didik, (3) implikasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter spritual peserta didik.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Memperoleh data dengan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan beberapa teknik yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pendekatan pedagogis yaitu suatu ilmu yang mengkaji tentang strategi/cara, pendekatan psikologis suatu ilmu yang mempelajari atau memperhatikan keadaan sekitar, pendekatan sosiologis yaitu suatu ilmu yang terfokus menganalisa suatu aspek-aspek sosial yang terjadi.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran dan penanaman pendidikan Agama Islam yang benar memiliki potensi yang baik untuk kecerdasan yang akan terbentuk terutama spritual. Pengembangan spritual membentuk seseorang untuk menemukan makna hidup dan ketenangan karena itu pengembangan spritual dianggap sebagai yang paling penting dalam kehidupan. Dengan memiliki karakter spritual peserta didik dapat mengetahui dan membedakan antara yang baik dan yang buruk. Penelitian ini menegaskan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di sekolah SMP Negeri 5 Wonomulyo memiliki peran: sebagai pengajar, sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai motivator, dan sebagai evaluator. Guru melakukan segala macam cara dengan maksimal guna untuk mengaktualisasikan hasil pengembangan pembentukan karakter peserta didik.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Aktualisasi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kegiatan Keagamaan, Karakter Religiusitas, Peserta Didik</em></p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3926 Thu, 03 Jul 2025 00:00:00 +0800 ISTIQRA' PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 KOTA BONTANG https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3931 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran <em>Inside Outside Circle</em>&nbsp; Pada Peserta Didik di SMP Negeri&nbsp; 2 Kota Bontang. Penelitian ini dengan latar belakang pembelajaran yang masih konvensional, bagaimana meningkatkannya dengan tujuan, untuk mengetahui Uapaya Peningkatan Prestasi Belajar&nbsp;&nbsp; Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran <em>Inside Outside Circle</em>&nbsp; Pada Peserta Didik Kelas VII di&nbsp; SMP Negeri 2 Kota Bontang.</p> <p>Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian kuantitatif dengan model eksperimen semu, Dengan populasi sebanyak 50 orang dan sampelnya 50 siswa yang mengikuti tes. Teknik dan alat pengumpulan data; observasi, dokumentasi dan tes. Dengan teknik analisis data; uji homogenitas sampel, uji normalitas data, dan uji hipotesis.</p> <p>Hasil dari penelitian ini bahwa, Hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di Kelas VII G SMP Negeri 2 Kota Bontang yaitu memiliki hasil belajar PAI yang dihitung dari 25 orang, peserta didik yang memiliki kategori tinggi sebanyak 5 orang dengan persentase 20%, hasil belajar peserta didik dengan kategori sedang sebanyak 16 orang dengan persentase 64%, serta hasil belajar peserta didik dengan kategori kurang sebanyak 4 orang dengan persentase 16%, selisih rata-rata kenaikan hasil belajar peserta didik adalah 27,94 dengan persentase 87,72%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan model pembelajaran <em>inside outside circle</em> meningkat dengan persentase rata-rata kenaikan hasil belajar siswa yaitu 87,72%. Peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan penerapan model pembelajaran<em> inside outside circle </em>pada peserta didik Kelas VII G SMP Negeri 2 Kota Bontang yaitu hasil analisis pada pengujian statistik inferensial yaitu uji t, diperoleh hasil uji hipotesis t<sub>hitung</sub> = 1,911 &gt; dari t<sub>tabel</sub> yakni pada taraf signifikan 5% sama dengan 1,679. Dengan demikian t<sub>hitung</sub> jauh lebih besar daripada t<sub>tabel</sub> yaitu 1,679 &lt;1,911, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara implementasi model pembelajaran <em>inside outside circle </em>dengan peningkatan hasil belajar di kelas VII &nbsp;G SMPN 2 Kota Bontang</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Model Pembelajaran <em>Inside Outside Circle</em>, Hasil Belajar<strong>.</strong></p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3931 Thu, 03 Jul 2025 13:14:16 +0800 ISTIQRA' PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE BUZZ GROUP DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII 2 MTS DDI KOTA BONTANG https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3939 <p>Penelitian ini membahas tentang bagaimana Penerapan Pembelajaran Metode <em>Buzz Group</em> dalam Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas VIII 2 MTs DDI Kota Bontang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar akidah akhlak dengan pembelajaran yang menggunakan metode <em>Buzz Group, </em>khususnya di Kelas VIII 2 MTs DDI Kota Bontang.</p> <p>Sebagai penyempurna tulisan ini, penulis menggunakan jenis Penelitian metode penilitian tindakan kelas kualitatif dengan melalui tiga tahapan siklus, Dengan teknik dan alat pengumpulan data; observasi, dokumentasi dan tes. Dengan teknik analisis; reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Penerapan metode <em>buzz group</em> berdasarkan hasil analisis dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh kesimpulan bahwa dari hasil observasi pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa apabila dilihat dari aspek motivasi hanyalah sebesar 50.044% dan termasuk dalam kategori motivasi yang rendah. Selanjutnya pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa apabila dilihat dari aspek motivasi mengalami peningkatan sebesar 32.176% menjadi sebesar 82.22% dan termasuk dalam kateori motivasi yang tinggi. Hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak yaitu dari hasil analisis tes belajar siswa pada pra siklus diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 62.167 termasuk dalam kategori kurang dari total nilai 1492 dengan persentase ketuntasan klasikal hanya sebesar 29.17%. Selanjutnya hasil belajar siswa terus mengalami peningkatan pada siklus I dengan skor rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 67.667 namun masih dalam kategori kurang dengan total nilai 1624 dengan persentase ketuntasan klasikal 37.5%. Selanjutnya pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 80.833 dan termasuk dalam kategori tinggi dengan total nilai 1940 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87.5%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa apabila motivasi siswa dalam belajar mengalami peningkatan maka hasil belajar juga akan mengalami peningkat. Kendala yang ditemukan dalam penerapan pembelajaran metode <em>buzz group</em> pada mata pelajaran akidah akhlak peserta didik kelas VIII 2 MTs DDI Kota Bontang yaitu dari sejumlah data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi tampaknya ada sejumlah hambatan yang dalam melaksanakan diskusi yang efektif, yaitu: 1). Keterbatasan waktu 2). Kurang konsentrasinya siswa 3). Kemampuan berbicara 4). Keterbatasan bahan pelajaran.</p> <p>.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Metode Buzz Group, Hasil Belajar Aqidah Akhlak</p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3939 Fri, 04 Jul 2025 21:01:12 +0800 ISTIQRA' ANALISIS KOMPETENSI AKADEMIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI TRANSISI KURIKULUM GANDA PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN SARUDU KABUPATEN PASANGKAYU https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3940 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh tantangan implementasi dualisme kurikulum KTSP-Merdeka di SD Kecamatan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu, yang menyebabkan tumpang tindih materi dan asesmen tanpa panduan integrasi yang jelas, diperparah oleh keterbatasan infrastruktur dan kesenjangan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi akademik guru PAI, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, mendeskripsikan upaya penyesuaian metode pembelajaran, serta menganalisis dampak penerapan kurikulum ganda terhadap efektivitas pembelajaran PAI. Dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi, ditemukan bahwa kompetensi akademik guru PAI masih bervariasi, dengan banyak guru mengalami kesulitan dalam menerapkan metode inovatif dan mengaitkan capaian pembelajaran dengan karakteristik siswa. Kendala utama mencakup minimnya pelatihan, pendampingan yang terbatas, serta beban administratif tinggi. Meski demikian, guru tetap berupaya melakukan penyesuaian, seperti menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Namun, penerapan dua kurikulum secara bersamaan terbukti menurunkan efektivitas pembelajaran, sehingga diperlukan dukungan sistemik agar pendidikan PAI dapat mencapai tujuannya secara optimal.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: Kompetensi Akademik, Kurikulum Ganda.</strong></p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3940 Fri, 04 Jul 2025 00:00:00 +0800 ISTIQRA' PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 SARUDU KABUPATEN PASANGKAYU https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3941 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembentukan sikap toleransi melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Sarudu, Kabupaten Pasangkayu. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada urgensi pendidikan agama dalam membentuk karakter toleran di lingkungan sekolah yang multikultural. Fokus penelitian meliputi: (a) penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; (b) kendala dalam pembentukan sikap dan perilaku toleransi; serta (c) efektivitas metode dan strategi pembelajaran dalam menumbuhkan sikap toleransi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta uji keabsahan data menggunakan prinsip <em>credibility</em>, <em>transferability</em>, <em>dependability</em>, dan <em>confirmability</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berkontribusi signifikan dalam membentuk sikap toleransi melalui internalisasi nilai moderasi, pembiasaan hidup rukun, dan penghargaan terhadap perbedaan. Kendati demikian, proses ini menghadapi tantangan seperti keberagaman latar belakang sosial, pendekatan pembelajaran yang masih bersifat teoritis, dan keterbatasan kompetensi guru. Meski begitu, strategi seperti pendekatan dialogis, kegiatan inklusif, dan kolaborasi antarpihak sekolah terbukti efektif dalam menciptakan suasana sekolah yang harmonis dan inklusif, serta memperkuat interaksi sosial peserta didik lintas latar belakang.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci: sikap toleransi, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti</strong></p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3941 Fri, 04 Jul 2025 21:39:26 +0800 ISTIQRA' Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam Dan Organisasi ROHIS Terhadap Spiritualitas Peserta Didik Di SMAN 1 Wonomulyo https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3942 <p>Tulisan ini merupakan penelitian tentang sinergitas guru PAI dan organisasi ROHIS terhadap spiritualitas peserta didik di SMAN 1 Wonomulyo. Latar belakang penelitian ini berdasarkan pentingnya peningkatan spiritualitas generasi muda Indonesia yang belakangan ini disorot karena memiliki akhlak yang kurang baik terutama di media sosial. Masalah dari penelitian ini dirumuskan menjadi bagaiamana upaya guru PAI dan organisasi ROHIS secara independen atau bersinergi dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik di SMAN 1 Wonomulyo. <br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dan organisasi ROHIS di SMAN 1 Wonomulyo dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik disana. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif karena akan menyajikan hasil penelitian secara naratif. Peneliti merupakan instrumen penelitian utama dalam penelitian ini. Peneliti yang akan mengambil data di lapangan dan menganalisis data yang diperoleh untuk ditarik kesimpulannya.<br>Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan jumlah peserta didik di SMAN 1 Wonomulyo yang aktif mengikuti kegiatan keagamaan. Meskipun peran tenaga pendidik masih sangat diperlukan untuk mengarahkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan keagamaan dan spiritualitas. Konsistenti kegiatan keagamaan dan spiritualitas yang dilakukan menjadikan peserta didik terbiasa untuk terus mengikuti kegiatan keagamaan dan spiritualitas tersebut Kebiasaan ini bisa menjadi langkah awal bagi para peserta didik dalam meningkatkan kemampuan spiritualitas yang dimiliki. Guru PAI dan organisasi ROHIS juga terus melakukan inovasi untuk memberikan kegiatan keagamaan dan spiritualitas yang menarik bagi peserta didik tanpa mengorbankan kegiatan rutin yang telah berjalan seperti Salat Zuhur berjamaah, Jumat Berkah, Salat Duha dan Kajian Jumat.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Peningkatan Spiritualitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Organisasi ROHIS, Sinergitas</em></p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3942 Sat, 05 Jul 2025 09:47:55 +0800 ISTIQRA' IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DALAM PENINGKATAN AKHLAK PESERTA DIDI DI SD MUHAMMADIYAH MAMUJU https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3943 <p>Tulisan iini imerupakan i iStudi itentang ipemahaman idan iimplementasi ipembelajaran ial iislam ikemuhammadiyahan idalam ipeningkatan iakhlak ipeserta ididik idi iSD iMuhammadiyah iMamuju, ikajian iini idilatar ibelakangi ipentingnya ipendidikan iakhlak idalam ikehidupan isehari-hari iutamanya ibagi ipesert ididik. iRumusan imasalah ipada ipenelitian iini idiarahakn ipada idua iaspek iyaitu, i1) iMengetahui ibagaimana iproses i iImplementasi iPembelajaran iAl iIslam iKemuhammadiyahan iDalam iPeningkatan iAkhlak iPeserta iDidik idi iSD iMuhammadiyah iMamuju i2) iMengetahui ibagaimana ibentuk ipeningkatan iakhlak iterhadap iimplementasi ipembelajaran i iperan ipembelajaran iAl iIslam iKemuhammadiyahan idi iSD iMuhammadiyah iMamuju.</p> <p>Jenis ipenelitian iini imerupakan ipenelitian ikualitatif. iMetode ipengambilan idata iyang idigunakan i iobservasi, iwawancara, idan idokumentasi. iUji ikeabsahan idata iyang idigunakan iadalah itriangulasi isumber. iAnalisis idata idengan imodel iinteraktif idari iMiles iand iHuberman, iyang idimulai idengan ipengumpulan idata, ireduksi idata ipenyajian idata, idan ipenyimpulan. iAdapun itujuan ipenelitian iuntuk imendiskripsikan iproses iimplemetasi idan imengembangkan imodel ipembelajaran ial iislam ikemuhammadiyahan idalam ipeningkatan iakhlak ipeserta ididik idi iSD iMuhammadiyah iMamuju.</p> <p>Hasil ipenelitian imenunjukkan ibahwa: i1) iImplementasi ipembelajaran iAl iIslam iKemuhammadiyahan idalam iPeningkatan iAkhlak iPeserta iDidik idi iSD iMuhammadiyah iMamuju imenekankan iintegrasi inilai-nilai iagama idalam ikehidupan isehari-hari idengan imelaksankan ipembelajaran ipraktek ikegiatan iibadah ipeserta ididik idi iSD iMuhammadiyah iMamuju. i2) iPeran iPembelajaran iAl iIslam idalam iimplementasi ipeningkatan iakhlak ipeserta ididik idi iSD iMuhammadiyah iMamuju itercermin idalam iprogram ipraktik iibadah iharian ipeserta ididik idi iSD iMuhammadiyah iMamuju. iIntegrasi ipembelajaran iAl iIslam iKemuhammadiyahan idengan ipraktek iibadah iharian isantri imemerlukan ikolaborasi iantara iguru iAl iIslam iKemuhammadiyahan idan iwali ikelas iguna imembentuk iakhlak ipeserta ididik idi iSD iMuhammadiyah iMamuju.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci:&nbsp;</strong><em>Pembelajaran Al iIslam Kemuhammadiyahan, Peningkatan Akhlak Peserta Didik dan Sekolah Muhammadiyah</em></p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3943 Sat, 05 Jul 2025 11:22:45 +0800 ISTIQRA' PENGGUNAAN STRATEGI THE STUDY OF GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN THARIKH ISLAM DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH MAMUJU https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3944 <p>Proses penerapan pembelajaran pendidikan tharik islam terhadap keseharian peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah Mamuju masih sangat rendah. Fenomena ini di temukan dari pengamatan peneliti serta wawancara langsung dengan guru pamong. Oleh karena itu sebuah upaya guna mengatasi dan menalangi kondisi tersebut, digunakan strategi pembelajaran yang efektif agar hasil belajar serta keaktifan pembelajaran dapat meningkat pada materi pendidikan tharik islam siswa siswi semakin membaik, serta peneliti menawarkan strategi yang menarik yaitu pembelajaran pendidikan tharik islam dengan strategi <em>study of group </em>adalah membagi siswa dalam beberapa kelompok yang bekerja sama antar satu siswa dengan yang lainnya untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan strategi pembelajaran <em>The Study Of Group</em> dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar terhadap siswa siswi kelas 7 SMP Muhammadiyah Mamuju. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus secara partisipan yaitu penelitian terlibat langsung dalam proses penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian bertempat di SMP Muhammadiyah Mamuju. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII dengan jumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar tes meliputi soal <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>, dan wawancara. Teknik analisis data dianalisis secara deskriptif dengan mencari nilai rata-rata dan presentase keberhasilan belajar peserta didik. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan 1) Penerapan metode pembelajaran <em>The Study Of Group</em> dilaksanakan dengan siklus I dan siklus II.&nbsp; 2) Hasil <em>pre-test</em> yang dilakukan pada siklus I dengan penerapan metode pembelajaran <em>The Study Of Group</em> yang mampu mencapai nilai ketuntasan dari 28 peserta didik hanya 10 peserta didik sementara 18 peserta didik lainnya belum tuntas dengan nilai rata-rata 68 dan presentasi klasikal sebesar 36% pada hasil <em>post-test </em>I. Pada siklus II, hasil <em>post-test</em> II yang dilakukan sudah mampu mencapai nilai ketuntasan sebanyak 20 peserta didik dan belum tuntas berjumlah 8 orang dengan nilai rata-rata 79 dan presentase klasikal sebesar 71%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran <em>The Study Of Group</em> dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Tharikh Islam kelas VII SMP Muhammadiyah Mamuju dan dikategorikan baik.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: </em><em>Strategi, Study Of Group, Hasil Belajar, Tharikh Islam</em></p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3944 Sat, 05 Jul 2025 00:00:00 +0800 ISTIQRA' KOMPOTENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARTAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 138 KULIJANG KABUPATEN ENREKANG https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3945 <p>Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting tidak hanya sebagai penyampai ilmu, tetapi juga sebagai teladan dalam pembentukan karakter peserta didik. Kompetensi kepribadian yang dimiliki guru PAI menjadi salah satu faktor penentu dalam menanamkan nilai-nilai moral dan religius di lingkungan sekolah dasar</p> <p>Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana dalam memperoleh data menggunakan beberapa metode seperti wawancara dan metode dokumentasi, dimana data yang diperoleh dikelola dengan cara mereduksi data kemudian menyajikan data dan membuat kesimpulan.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan: Kompetensi kepribadian guru PAI di SDN 138 Kulijang&nbsp; Kabupaten Enrekang dianggap sangat baik ini terlihat dari sikap ramah, sabar, disiplin, jujur, dan selalu mendorong siswa untuk melakukan kebaikan, dekat dengan guru lainnya, kemampuan dalam bekerja sama dan membangun hubungan harmonis sesama guru, tenaga kependidikan, dan kepala sekolah. Dampak kompotensi kepribadian guru PAI dalam pembentukan kartakter peserta didik di SDN 138 Kulijang&nbsp; Kabupaten Enrekang diantaranya peserta didik merasa lebih dihargai dan termotivasi untuk belajar yang pada akhirnya peserta didik memperlihatkan karakter yang baik seperti disiplin, membiasakan diri memberi salam dan mencium tangan guru saat bertemu, Sopan dalam berbicara, menghargai pendapat orang lain, menjaga kebersihan kelas, menunjukkan kepedulian serta mampu bekerja sama. Kendala dan solusi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di SDN 138 Kulijang&nbsp; Kabupaten Enrekang yaitu rendahnya kesadaran peserta didik, pengaruh lingkungan sosial, kurangnya peran orang tua, dan keterbatasan fasilitas pendukung pembelajaran PAI adapun solusi dalam mengatsinya adalahberusaha menerapkan pendekatan keteladanan<strong>, </strong>pembiasaan dan internalisasi nilai dalam setiap aktivitas, mengadakan <strong>p</strong>rogram parenting, serta guru PAI mendorong pemanfaatan sumber digital</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Kompotensi Kepribadian, Karakter<strong>.</strong></p> ISTIQRA Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3945 Sat, 05 Jul 2025 16:18:34 +0800