https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/issue/feed Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 2025-06-17T09:38:28+08:00 Muhammad Naim naimalmandari@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>ISTIQRA': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam </strong>yang diterbitkan oleh Prodi Magister Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UM Parepare sebagai instrumen media dalam menyambungkan relasi pemikiran dan gagasan kreatif melalui penelitian dan kajian ilmiah oleh akademisi, peneliti, praktisi dan stakeholder pendidikan Islam. Scope Jurnal&nbsp; ini lebih fokus pada kajian dan analisis pendidikan Islam dan isu-isu sosial dilihat dalam perspektif Islam. Pendekatan analisis pada jurnal ini lebih menekankan pada ranah interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner.</p> <p>ISSN 2548-7906 (Online), 2338-9974 (Cetak)</p> https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3852 ISTIQRA' Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam Dan Organisasi ROHIS Terhadap Spiritualitas Peserta Didik Di SMAN 1 Wonomulyo 2025-06-16T11:13:50+08:00 ISTIQRA naimalmandari@gmail.com <p>Tulisan ini merupakan penelitian tentang sinergitas guru PAI dan organisasi ROHIS terhadap spiritualitas peserta didik di SMAN 1 Wonomulyo. Latar belakang penelitian ini berdasarkan pentingnya peningkatan spiritualitas generasi muda Indonesia yang belakangan ini disorot karena memiliki akhlak yang kurang baik terutama di media sosial. Masalah dari penelitian ini dirumuskan menjadi bagaiamana upaya guru PAI dan organisasi ROHIS secara independen atau bersinergi dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik di SMAN 1 Wonomulyo. <br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dan organisasi ROHIS di SMAN 1 Wonomulyo dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik disana. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif karena akan menyajikan hasil penelitian secara naratif. Peneliti merupakan instrumen penelitian utama dalam penelitian ini. Peneliti yang akan mengambil data di lapangan dan menganalisis data yang diperoleh untuk ditarik kesimpulannya.<br>Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan jumlah peserta didik di SMAN 1 Wonomulyo yang aktif mengikuti kegiatan keagamaan. Meskipun peran tenaga pendidik masih sangat diperlukan untuk mengarahkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan keagamaan dan spiritualitas. Konsistenti kegiatan keagamaan dan spiritualitas yang dilakukan menjadikan peserta didik terbiasa untuk terus mengikuti kegiatan keagamaan dan spiritualitas tersebut Kebiasaan ini bisa menjadi langkah awal bagi para peserta didik dalam meningkatkan kemampuan spiritualitas yang dimiliki. Guru PAI dan organisasi ROHIS juga terus melakukan inovasi untuk memberikan kegiatan keagamaan dan spiritualitas yang menarik bagi peserta didik tanpa mengorbankan kegiatan rutin yang telah berjalan seperti Salat Zuhur berjamaah, Jumat Berkah, Salat Duha dan Kajian Jumat.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Peningkatan Spiritualitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Organisasi ROHIS, Sinergitas</em></p> 2025-06-16T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/3856 ISTIQRA' IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH (KARAKTER) PESERTA DIDIK DI MTsN 1 ENREKANG 2025-06-17T09:38:28+08:00 ISTIQRA naimalmandari@gmail.com <p>Penelitian ini berawal dari adanya kebijakan baru dari Kemendikbud-Ristek tentang penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum ini mulai digunakan di MTsN 1 Enrekang setelah keluarnya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022. Dalam hal ini, MTsN 1 Enrekang ditunjuk sebagai salah satu sekolah percontohan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka di tingkat MTs di Kabupaten Enrekang pada tahun ajaran 2022/2023. Kurikulum Merdeka sendiri tidak cuma fokus ke pelajaran dan cara mengajarnya saja, tapi juga mencakup berbagai hal yang mendukung tumbuh kembang dan pembentukan karakter siswa. Ini sejalan dengan tujuan utama pendidikan, yaitu bagaimana siswa bisa mempunyai kualitas hidup yang lebih baik, baik lewat kegiatan di sekolah maupun aktivitas di luar sekolah.</p> <p>Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan dilaksanakan di MTsN 1 Enrekang. Proses penelitian berlangsung dari bulan Februari sampai April 2025. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi langsung, wawancara dengan pihak terkait, serta menelaah dokumen-dokumen yang relevan.</p> <p>Hasil kajian menunjukkan bahawa pelaksanaan Kurikulum Pembelajaran yang baru dalam membentuk akhlak mulia (karakter) peserta didik di MTsN 1 Enrekang telah terlaksana secara optimal. Kurikulum ini dilaksanakan melalui perbagai strategi seperti pembelajaran berasaskan proyek, pendekatan pembiasan, refleksi diri, dan aktivitas kolaboratif yang sesuai dengan pengalaman belajar. Pendekatan ini telah terbukti mampu meningkatkan sikap disiplin, kejujuran, dan bekerjasama antara pelajar. Guru mempunyai peranan yang besar dalam proses ini, contohnya dengan membimbing siswa dalam pembagian tugas kelompok, memberikan motivasi yang disesuaikan dengan karakter individu, serta membiasakan pemberian umpan balik terhadap sikap dan perilaku peserta didik. Hasil tersebut menegaskan bahwa penguatan akhlakul karimah (karakter) memerlukan keterlibatan emosional, komunikasi yang terbuka, serta proses pembinaan yang konsisten agar nilai-nilai seperti tanggungjawab, kolaborasi, dan kemandirian benar-benar tertanam dalam diri peserta didik.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Merdeka Belajar, Pendidikan, Karakter</p> 2025-06-17T09:38:27+08:00 Copyright (c) 2025 Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam