ISTIQRA' Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dan Peranannya Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Mts Syahid Alhidayah Mamuju
Abstract
Abstrak: Penelitian ini membahas tentang “Supervisi akademik kepala Madrasah dan peranannya terhadap peningkatan kinerja guru MTs. Syahid Alhidayah Mamuju. Adapaun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana dalam mendapatkan data menggunakan beberapa metode seperti metode wawancara, dokumentasi, observasi dan dokumentasi dimana data yang didapatkan dikelolah dengan cara mereduksi data kemudia menyajikan data dan melakukan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan Kinerja guru dalam bidang akademik di MTs Syahid Alhidayah Kabupaten Mamuju dianggap sudah baik dengan melihat kinirja yang telah diperlihatkan mulai dari merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran yang telah diamanahkan kepada mereka. Supervise akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Syahid Alhidayah Kabupaten Mamuju adalah dengan membuat terlebih dahulu perencanaan supervisi secara matang kemudian melakukan kegiatan supervisi baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan Faktor pendukung dan penghambat supervise akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Syahid Alhidayah Kabupaten Mamuju diketahui bahwa yang menjadi faktor pendukungnya adalah Tingkat pendidikan Guru, Kepribadian dan dedikasi, Kemampuan berkomunikasi dari seorang kepala Madrasah serta kedisiplinan yang telah diterapkan. Sedangkan yang menjadi penghambat adalah masih ditemukan adanya guru yang tidak terbuka atas permasalahan yang dihadapi terkait dengan tugasnya sebagai seorang guru dalam pembelajaran sehingga menyulitkan kepala Madrasah dalam memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi.
.
Kata Kunci : Supervisi, Kediplinan, Guru.