ISTIQRA' Peran Tasawuf dalam Mengatasi Problematika Pendidikan Islam Di Era Modern
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa problematika mendasar yang dihadapi oleh pendidikan Islam di era modern jika dilihat dari sudut pandang tasawuf, kemudian apa sumbangsih yang di berikan oleh tasawuf terhadap problematika pendidikai Islam tersebut.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (librery research). Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang dilakukan dengan pegolahan suatu data tanpa menggunakan hitungan (statistik), Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa buku-buku, karya tulis ilmiah, jurnal, serta sumber lain yang relevan dengan masalah tasawuf dan pendidikan Islam. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Problematika pendidikan Islam memiliki wilayah cakupan yang sangat luas. Namun, jika ditinjau dari sudut pandang tasawuf maka terdapat satu problem pendidikan Islam yang sangat mendasar, yakni pada wilayah objek pendidikan (peserta didik). Problem tersebut adalah krisis akhlak atau krisis kepribadian yang melanda peserta didik di era modern. Krisis akhlak yang melanda peserta didik yang muncul dan mewujud sebagai problem sosisal jika dilihat dari sudut pandang tasawuf pada dasarnya bermuara dari krisis spirutual. Maka solusi yang ditawarkan adalah pendidikan Islam yang berorientasi tasawuf, sebab tasawuf mampu mengisi dan mengembalikan nilai-nilai spiritual yang hilang dalam diri seseorang, dengan motode takhalli (pengosongan sifat buruk), tahalli (mengisi diri dengan nilai-nilai kebaikan) dan tajalli (terjalinnya hubungan spiritual antara hamba dengan Allah swt).
Kata Kunci : Tasawuf, Pendidikan Islam, Era Modern