ISTIQRA' Upaya Guru Dalam Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Pondok Pesantren Tassbeh Baitul Qur’an Kabupaten Pinrang

  • Rustan Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Universitas Muhammadiyah Parepare, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru aqidah akhlak dalam mengimplementasikan Pendekatan Saintifik di Pondok Pesantren Tassbeh Baitul Qur’an Kabupaten Pinrang. Jenis yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif; dengan pendekatan psikologis dan pedagogik. instrumen yang digunakan adalah; pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data; mereduksi data, melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Pondok Pesantren Tassbeh Baitul Qur’an Kabupaten Pinrang yaitu; pertama tahap persiapan meliputi: menyiapkan RPP, menyiapkan sumber belajar baik yang sudah disediakan oleh sekolah (seperti LKS dan buku paket) maupun dari sumber lain (seperti dari internet dan media massa), menyiapkan media pembelajaran; Kedua tahap pelaksanaan ada lima proses yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak diantaranya: a) faktor pendukung meliputi adanya media dan sumber belajardan Antusias siswa b) faktor penghambat seperti kesulitan dalam mencari strategi dan kekurangan waktu dalam mengajar. Upaya Guru aqidah akhlak dalam mengimplementasikan Pendekatan Saintifik yaitu dengan penerapan pendekatan saintifik atau ilmiah dalam proses pembelajaran ini sering disebut sebagai ciri khas dari Kurikulum 2013, yaitu melalui lima proses yang disingkat menjadi 5M yakni Mengamati (observing), menanya (questioning), mencoba (experimenting), menalar (associating), mengkomunikasikan (communicating). Lima proses pembelajaran tersebutdiimplementasikan ketika memasuki kegiatan inti pembelajaran.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kurikulum 2013

Published
2021-05-07