ISTIQRA' Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pinrang

  • NUR LINA SMA NEGERI 1 PINRANG
Keywords: Mutu, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini membahas sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembalajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pinrang. Dalam penyusunannya didasarkan pada penelitian lapangan dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan prosedur pengumpulan data yaitu; penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dari data yang terkumpul, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana penerapan sistem penjaminan mutu pendidikan, bagaimana kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pinrang, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pinrang. Dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pinrang.

Dalam penelitian ini ditemukan, beberapa hal diantaranya: Pertama, alasan praktis yaitu: komponen proses pendidikan (Kepla UPT, Pengawas, Komite, wakasek-wakasek, pendidik, peserta didik, sarana, kurikulum, dan lingkungan). Alasan sosiologis yaitu: tuntutan masyarakat terhadap sekolah sebagai lembaga pendidikan yang harus mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai tantangan pada era globalisasi; kedua,  faktor pendukung yaitu adanya kerjasama elemen sekolah (terutama kepala sekolah) dengan pihak luar sekolah yakni pengawas, dan komite sekolah,penyusunan program kerja, pendidik, kurikulum dan pembelajaran, peserta didik, dan organisasi intra dan ekstra. faktor penghambat didalam mensukseskan penerapan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Pinrang diantaranya: sarana dan prasarana, kurikulum, penguasaan IT, dan kesejahteraan pendidik. 

Kemudian yang menjadi rekomondasi penelitian ini adalah pertama, bagi kepala UPT lebih meningkatkan proses pembelajaran agama Islam di sekolah agar para warga sekolah tidak hanya unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi para warga sekolah juga unggul dalam iman dan taqwa dan out put yang dihasilkan sekolah lebih berkualitas. Kedua, bagi para pendidik agar selalu membantu kepala UPT untuk mewujudkan visi, misi dan program sekolah. Dan pada proses pembelajaran, tingkah laku dan sopan santun selalu diterapkan dalam segala hal. Ketiga, bagi SMA Negeri 1 Pinrang telah  menyadari sepenuhnya, bahwa SPMP adalah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari sistem peningkatan mutu.   

Kata kunci : Mutu, Pembelajaran.

Published
2021-05-07