ISTIQRA' Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Ict (Information Communication And Technology) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Kelas Viii.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar
Abstract
Berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, khususnya Teknologi Informasi dan Komputer (ICT) sangat memberikan pengaruh yang besar pada semua aspek kehidupan. Bagi kalangan pendidik pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komputer (ICT) menjadi suatu keharusan demi peningkatan kualitas pembelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui implementasi, faktor pendukung dan penghambat serta peran pembelajaran aqidah akhlak berbasis ICT terhadap peserta didik di kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dengan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah Implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar ini telah menerapkan proses pembelajaran berbasis ICT, dimana peserta didik diperkenalkan dengan dunia yang canggih yaitu dunia teknologi yang mempermudah dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran ICT ini mengikut sertakan gambar dan suara dimana dikenal dengan istilah audio visual dalam ilmu teknologi, sehingga peserta didik tidak merasa jenuh. Adapun faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar adalah dengan memanfaatkan Komputer dan Proyektor LCD serta fasilitas internet (WIFI) sebagai media dalam proses pembelajaran, sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah belum meratanya penggunaan TIK bagi semua guru dan masih kurangnya kedisiplinan peserta didik untuk senantiasa fokus dan perhatian dalam mengikuti proses pembelajaran. Adapun upaya yang perlu dilakukan agar dapat menjaga prestasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak adalah semua guru diharapkan mampu memanfaatkan teknologi komputer dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran, ICT, Prestasi Belajar