ISTIQRA' Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII.A di SMP Negeri 4 Sendana Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene
Abstract
Tulisan ini membahas tentang Penerapan strategi Pembelajaran Quantum Learning dalam meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik Kelas VII. A di SMP Negeri 4 Sendana Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene. Permasalahan pokok yang dikaji terfokus pada bagaimana Penerapan strategi Pembelajaran Quantum Learning, Kelebihan dan Kelemahan serta minat belajar Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Quantum Learning mulai dari awal sampai akhir dan menetahui minat belajar setelah diterapkannya. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan; deskriptif kualitatif. Penelitian pada pengungkapan masalah sebagaimana adanya analisis data dengan menggunakan penelitian lapangan, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data yaitu; penyajian data, Reduksi data, dan Penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwah penerapam strategi Quantum Learning Peserta didik kelas VII. A di SMP Negeri 4 Sendana Kabupaten Majene mulai tahap perencanaan samapi pada proses akhir dilapangan terlaksana dengan baik dan efisien. Kelebihan penerapam strategi Quantum Learning lebih banyak dari pada kelemahannya, yang menunnjukkan adanya minat minat belajar Pendidikan Agama Islam setelah di terapkannya strategi pembelajaran tersebut.
Kata Kunci: Quantum Learning dan Minat Belajar