ISTIQRA' PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DI KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 2 PAREPARE

  • Tariana Guru SMA Negeri 2 Parepare
Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar, group investigation

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi belajar PPKn siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Parepare. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Parepare Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 (tiga) siklus. Setiap siklus meliputi 4 (tahapan) yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 1  dengan  7 (Tujuh)  kali  pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Setiap siklus terdapat perbedaan materi dan tindakan yang disesuaikan dengan program pembelajaran, hasil observasi dan evaluasi, dimana pada siklus III merupakan revisi dari siklus II dan siklus II merupakan revisi dari siklus I. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Lembar observasi motivasi belajar untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa, lembar observasi diskusi serta presentasi untuk mengukur aktivitas siswa, 2)Tes yang berupa tes siklus dalam bentuk pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar siswa, dan 3) dokumentasi. Indikator keberhasilan untuk motivasi belajar minimal rata-rata skor ≥ 60% dengan kategori baik dan penilaian prestasi belajar kriteria ketuntasan minimum ≥60 dari nilai tertinggi 100. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata setiap pengamatan siklus. Penilaian motivasi belajar mengalami peningkatan persentase rata-rata pada Siklus I sebesar 52,08% dalam kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 73,75% dalam kategori baik, dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 81,67% dalam kategori baik sekali dan untuk prestasi belajar siswa kelas X MIPA 1 menjadi meningkat, dilihat dari hasil rata-rata kelas tes siklus I dengan rata-rata 61,5, mengalami peningkatan pada Siklus II menjadi 70,33, dan meningkat lagi pada siklus III 78,33. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation, dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar PPKn siswa kelas X MIPA 1.

Kata kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, group investigation

Published
2021-01-20