ISTIQRA' UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 2 PAREPARE

  • Sudirman SMA Negeri 2 Parepare
Keywords: menulis cerpen, strategi pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Parepare dalam pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Parepare yang terdiri atas 31 siswa. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (planning), implementasi tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data berupa observasi, penilaian kemampuan menulis cerpen, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan, rata-rata skor menulis cerpen pratindakan sebesar 50,67 (50,67%), meningkat pada siklus I menjadi 64,67 (64,67%), dan pada siklus II nilai rata-rata skor kembali meningkat menjadi 77,03 (77,03%). Jadi, kemampuan menulis cerpen siswa dari pretes sampai akhir siklus I mengalami peningkatan sebesar 14 (14%), dan dari siklus I sampai akhir siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,36 (12,36%). Berdasarkan perolehan skor di atas, dapat disimpulkan bahwa mulai dari sebelum tindakan hingga sesudah tindakan, nilai keterampilan menulis cerpen siswa telah mengalami peningkatan sebesar 26,36 (26,36%) yaitu dari skor 50,67 (50,67%) menjadi 77,03 (77,03%).

Kata Kunci: menulis cerpen, strategi pembelajaran berbasis masalah

Published
2021-01-20