ISTIQRA' UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 2 PAREPARE

  • Andi Ermawati SMA Negeri 2 Parepare
Keywords: Model Pembelajaran Examples Non Examples, Aktivitas belajar, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar geografi siswa dan hasil belajar siswamelalui penerapan model pembelajaran Examples Non Examples pada pokok materi Dinamika Litosfer Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Parepare. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Parepare yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Jumlah siswa yang terdaftar adalah 30 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 20 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar obsrevasi aktivitas belajar siswa dan tes siklus berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil-hasil analisis data penerapan model pembelajaran Examples Non Examples diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas I sebesar 2,6 yang termasuk  kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 3,55 yang berada dalam kategori baik; 2) Hasil belajar Geografi siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Parepare meningkat setelah menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples pada materi pokok dinamika litosfer. Dimana pada siklus I yaitu persentase siswa yang tuntas 73,33% atau 22 orang dari 30 siswa mencapai nilai KKM yang ditentukan sekolah yaitu ≥ 60 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,00% atau 27 orang dari 30 siswa yang mencapai KKM yang di tetapkan sekolah.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Examples Non Examples, Aktivitas belajar, Hasil Belajar

Published
2021-01-14