IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN DAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

  • nurma bio universitas muhammadiyah parepare
Keywords: Model,PAIKEMI, Prestasi, Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, dan Islami (PAIKEMI) dalam meningkatkan Prestasi Belajar di Madrasah Ibtidayyah Negeri 1 Enrekang Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif; penelitian pada pengungkapan masalah sebagaimana adanya analisis data dengan menggunakan pengamatan dan wawancara. Pendekatan yang digunakan; pedagogis, dan sosiologi dengan metode kualitatif dan analisis data bersifat reduksi data, Sajian data, dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi.Implementasi PAIKEMI dalam pembelajaran di MIN 1 Enrekang yaitu Memahami sifat yang dimiliki anak, Mengenal anak secara perorangan, Memanfaatkan perilaku siswa dalam pengorganisasian belajar, Mengembangkan kemampuan berfikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah, Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik, Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, dan Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar.Faktor-faktor yang mendukung implementasi PAIKEMI dalam pembelajaran di MIN 1 Enrekang adalah dapat meningkatkan mutu pendidik dan peserta didik. sedangkan faktor yang menjadi menghambat implementasi PAIKEMI kurangnya sarana dan prasarana pendukung dalam pembelajaran. Prestasi belajar peserta didik di MIN 1 Enrekang dengan pembelajaran PAIKEMI dapat meningkat karena pendidik yang senantiasa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mengadakan evaluasi secara konsisten dengan alat evaluasi yang valid sehingga prestasi belajar peserta didik di MIN 1 Enrekang dapat meningkat.

Published
2020-04-07