KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI MAIWA KABUPATEN ENREKANG

  • jumiati mts UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE
Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru Qur’an Hadis, Hasil Belajar Peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan, Penelitian ini (1) mengetahui kompetensi pedagogik guru al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Maiwa yang mencakup kemampuan guru al-Qur’an Hadits dalam pemahaman terhadap peserta didik, kemampuan guru al-Qur’an Hadits dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran, kemampuan guru al-Qur’an Hadits dalam mengevaluasi hasil pembelajaran, (2) mendeskripsikan strategi guru al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Negeri Maiwa. Jenis penelitian tesis ini adalah kualitatif.Pendekatan yang digunakan; pedagogis, dan psikologis dengan metode kualitatif dan analisis data bersifat reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru al-Qur’an Hadis di MTs Negeri Maiwa Kabupaten Enrekang yang mencakup         (a) pemahaman terhadap peserta didik di MTs Negeri Maiwa Kabupaten Enrekang sudah baik. (b)guru MTs Negeri Maiwa Kabupaten Enrekang sudah memanfaatkan teknologi pembelajaran dengan baik, (c) evaluasi pembelajaran MTs Negeri Maiwa Kabupaten Enrekang sudah melakukan evaluasi pembelajaran dengan baik yaitu dengan mengembangkan berbagai instrumen penilaian. 2) strategi guru al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Negeri Maiwa Kabupaten Enrekang adalah sangat baik karena guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menunjang strategi tersebut. Berkat strategi ini, hasil belajar peserta didik sebagian besar sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum.

Published
2020-04-07