junral istiqra' HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 ENREKANG
Relationship Competence of Islamic Education Education Professionals with Students 'Learning Results in Middle Schools Vocational State 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kompetensi Profesional Pendidik Pendidikan Agama Islam dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Enrekang.Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan, pedagogis, dan sosiologis dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel merupakan jumlah subjek penelitian, dengan menggunakan instrumen dan teknik pengumpulan data yaitu; observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus statistik produc momentuntuk mencari Hubungan Kompetensi Profesional Pendidik Pendidikan Agama Islam dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Enrekang. Selanjutnya validasi dan realibilitasi instrumen yaitu; tes retes, equivalen dan gabunganpengujian realibilitas.Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Kompetensi profesional pendidik yaitu; kemampuan merencanakan program belajar-mengajar dan menilai kemajuan proses belajar mengajar.Hasil belajar peserta didik pada Pendidikan Agama Islam berada pada taraf tinggi. Hubungan antara kompetensi profesional pendidik dengan hasil belajar peserta didik pada Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Enrekang dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment memperoleh nilai rhitung dan rtabel untuk 32 orang diperoleh rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,576 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel sebesar 0,718 sedangkan nilai rhitung sebesar 0,23. Nilai ini menunjukan bahwa kompetensi guru berada pada kategori rendah.