jurnal PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM: UNIVERSAL, KESEIMBANGAN, KESEDERHANAAN, PERBEDAAN INDIVIDU, DAN DINAMIS

Islamic Education Principles: Universal, Balance, Simple, Individual Differences, And Dynamic

  • nasir sultan universitas muhammadiyah parepare
Keywords: Pendidikan Islam, prinsip, universal, keseimbangan, kesederhanaan, perbedaan individu, dinamis.

Abstract

Pendidikan Islam bersumber kepada Alquran dan Hadis memiliki tujuan yang selaras dengan sumber normatifnya.Pendidikan Islam bukan saja bersifat tekstual yakni hanya mengacu kepada dalil-dalil secara tekstual dari sumber normative Islam, tetapi juga bersifat kontekstual, yakni menyelaraskan situasi dan kondisi konteks agar dapat berjalan secara sinergis dan sistematis. Pendidikan Islam bersifat universal menunjukkan kandungan ajaran Islam mencakup segala aspek, hal tersebut menjadikannya dapat dikaji dengan pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. Prinsip keseimbangan menegaskan pendidikan Islam membangun mindset yang seimbang antara jasmani dan rohani, antara duniawi dan ukhrawi.Prinsip kesederhanaan menunjukkan pendidikan Islam mengajarkan sikap wasathan (pertengahan) dan tidak berlebihan.Pendidikan Islam mengenal perbedaan individu setiap peserta didik yang perlu dipahami dan dikembangkan potensi fitrahnya oleh pendidik. Begitu juga prinsip dinamis yakni pendidikan Islam bersikap inklusif dan mengikuti perkembangan zaman, sehingga dapat berjalan efektif dan efisien.

Published
2020-04-08