Jurnal Makna Pembelajaran Dalam Pendidikan
Abstract
Pembelajaran secara spintas dipandang sebagai sebuah proses yang berjalan bersifat rutinitas tanpa sebuah perencanaan yang konseptual. Banyak orang menilai bahwa seorang guru masuk kelas melangsungkan proses pembelajaran tidak mempunyai persiapan materi pembelajaran yang melalui proses validasi ilmiah, seperti kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, alokasi waktu yang disediakan dan lain-lain. Bagi seorang guru yang telah memiliki kompetensi sekaligus menyadari kapasitasnya itu akan menjawab bahwa penilaian banyak orang itu sangat keliru. Tulisan ini membahas bagaimana konsep dasar pembelajaran dan bagaimana bentuk program pengajaran dalam proses pembelajaran menurut perspektif ilmu pendidikian. Metode yang digunakan adalah kepustakaan dengan analisis filosofis, sehingga pembelajaran dipahami sebagai sesuatu yang amat penting dan menentukan penyelenggaraan pendidikan secara nasional.
Kata Kunci : Makna, pembelajaran dan pendidikan.