Jurnal Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar
Jurnal pendidikan dan pemikiran islam
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 2 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Parepare yang bertujuan untuk mengamati (1) Bagaimana kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPA 2? (2) Faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPA 2? (3) Bagaimana usaha guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas XI IPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan belajar, karena kurangnya fasilitas dalam proses pembelajaran, kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas XI IPA 2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain: peserta didik tidak terlalu terlalu memahami materi tentang baca tulis Al-Qur’an. Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal, misalnya peserta didik lemah dalam hal membaca Al-Qur’an, menulis Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, pengetahuan agama yang dimiliki peserta didik masih kurang, kondisi ruangan yang berisik, kurangnya fasilitas sekolah, serta orang tua yang tidak terlalu memperhatikan anaknya. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru memberikan peserta didik tugas, agar peserta didik mengulang kembali pelajaran yang diberikan di sekolah.
Kata Kunci : Peran Guru, Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam