Jurnal Pengembangan Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang, Pengembangan Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Parepare. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Mean digunakan karena teknik ini merupakan suatu tes statistik yang memungkinkan untuk mengetahui ada tidaknya pengembangan metode mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Parepare. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengembangan metode mengajara ketika menggunakan metode mengajar yang bervariasi, hal ini dapat terlihat dari skor hasil belajar yang diperoleh peserta didik sebelum diberikan perlakuan, yakni peserta didik memperoleh skor rata-rata 10,37, sedangkan skor yang diperoleh peserta didik setelah diberikan perlakuan adalah rata-rata 14,9. Sesuai dengan hasil observasi penggunaan metode mengajar yang bervariasi berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada proses pembelajaran.
Kata Kunci : Metode, Mengajar, Guru, Pendidikan Agama Islam