Jurnal Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kualitas Mengajar Guru
Jurnal pendidikan dan pemikiran islam
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang kita lihat saat ini bahwa mutu pendidikan Indonesia masih sangatlah rendah. Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan kita ialah kurangnya mutu guru. Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh gambaran bagaimana sertifikasi guru di SMA Muhammadiyah Parepare, memperoleh gambaran bagaimana kualitas mengajar guru di SMA Muhammadiyah Parepare dan adakah pengaruh sertifikasi terhadap kualitas mengajar guru di SMA Muhammadiyah Parepare. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Pada dasarnya penelitian ini ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis melalui pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang langsung diterima di lapangan dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari kepustakaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan rhitung dengan rtabel. Hasil penelitian menggambarkan bahwa keadaan sertifikasi di SMA Muhammadiyah parepare dapat diketahui dari 5 butir pernyataan kuesioner dengan 16 responden. Hasil hitung jawaban kuesioner diketahui bahwa sertifikasi di SMA Muhammadiyah berada pada kategori positif hipotesis. Hasil uji hipotesis dengan nilai, yaitu rhitung > rtabel