Jurnal Peranan Guru Dalam Menanamkan Keimanan Peserta Didik
Jurnal pendidikan dan pemikiran islam
Abstract
Peningkatan motivasi belajar pendidikan Islam di MI DDI Padanglolo Kabupaten Pinrang dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa motivasi belajar pendidikan Islam di peningkatan motivasi belajar pendidikan Islam di MI DDI Padanglolo Kabupaten Pinrang, terdapat 25% siswa dalam belajar agama Islam bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang ajaran Islam, 68,3% bertujuan untuk meningkatkan pengalaman dan memperbaiki diri dan 6,7 % siswa yang belajar PAI bertujuan untuk mendapat nilai bagus. Hasil angket yang telah diolah bahwa bahwa sebagian besar siswa (83,33%) dalam motivasi untuk mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah adalah untuk menambah pemahaman ajaran Islam. Selain itu siswa yang mengikuti kegiatan keagamaan dari perintah guru sebsera 8,3% sedangakan siswa yang mengikuti perintah orang tuanya sebesar 8,3% ini sudah menandakan bahwa motivasi sisawa dalam mengikuti peroses pembelajaran tergolong baik. Dari hasil anilsis data tentang minat belajar siswa di ketahui bahwa siswa yang tidak pernah merasa malas belajar agama Islam ada 15% dan yang menjawab kadang- kadang hampir 73% sedangkan yang menjawab cukup sering ada 11,7% dan untuk yang menjawab sering 0%.