ISTIQRA' STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 78 BELALANG KABUPATEN ENREKANG

  • ISTIQRA
Keywords: strategi guru, kompetensi kepribadian, sosial

Abstract

Peneltian ini membahas tentang bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Peningkatan Kompetensi Kepribadian Dan Sosial Peserta Didik di SD Negeri 78 Belalang Kabupaten Enrekang. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah; karena pentingnya pembentukan karakter siswa sejak dini, khususnya di sekolah dasar. Sebagai generasi penerus, siswa tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan akademik yang baik, tetapi juga kompetensi kepribadian dan sosial yang matang, seperti sikap disiplin, tanggung jawab, empati, dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain.

Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian studi lapangan dengan pendekatan theology, pedagogic dan psikologis. Dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan; Credibility, Transferability, dependability, dan con­fir­mability.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Inovasi pengelolaan kelas di SD Negeri 78 Belalang Kabupaten Enrekang menunjukkan dampak positif terhadap dinamika pembelajaran, hasil belajar, dan kualitas interaksi di lingkungan sekolah. Penerapan metode seperti diskusi kelompok, pembelajaran berbasis proyek, permainan edukatif, dan penggunaan teknologi berhasil menciptakan suasana kelas yang lebih interaktif, meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif peserta didik, serta memperkuat keterampilan sosial mereka. Selain itu, pendekatan yang inklusif dan perhatian guru terhadap kebutuhan peserta didik membantu menciptakan rasa aman dan nyaman di kelas, yang mendukung peningkatan rasa percaya diri siswa. Hasilnya, peserta didik lebih mudah memahami materi, berani mengemukakan pendapat, dan menunjukkan pencapaian belajar yang lebih baik. Keberhasilan inovasi ini memerlukan kreativitas guru, persiapan yang matang, serta dukungan sarana dan prasarana, sehingga pengelolaan kelas yang dinamis dapat terus berkelanjutan..

.

Kata Kunci: strategi guru, kompetensi kepribadian, sosial

Published
2025-07-17