PERAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK MI MUHAMMADIYAH LASUSUA KOLAKA UTARA SULAWESI TENGGARA
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Peran Media Interaktif Terhadap Pemahaman Dan Pengamalan Ajaran Agama Islam Pada Peserta Didik MI Muhammadiyah Lasusua Kolaka Utara Sulawesi Tenggara. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah; Penggunaan media interaktif dalam pembelajaran agama Islam masih belum optimal di beberapa madrasah. Hal ini berdampak pada rendahnya pemahaman dan pengamalan ajaran Islam oleh peserta didik.
Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan study kasus. Dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan; Credibility, Transferability, dependability, dan confirmability.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan media interaktif dalam pembelajaran agama Islam di MI Muhammadiyah Lasusua terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan peserta didik terhadap ajaran Islam, baik dari aspek kognitif maupun afektif. Media seperti video Islami, kuis digital, dan lagu religi membantu peserta didik memahami konsep dasar agama serta mengamalkannya melalui sikap dan kebiasaan positif. Peningkatan ini terlihat dari kemampuan mereka memahami materi secara lebih mendalam dan mulai menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari, meskipun konsistensi di luar sekolah masih memerlukan dukungan dan pembinaan lanjutan.
Kata Kunci: Media interaktif, pemahaman, pengamalan ajaran Islam