ISTIQRA' PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN COACHING MODEL TIRTA PADA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 4 BUTON UTARA
Abstract
Penelitian ini adalah studi tentang penerapan supervisi akademik dengan pendekatan coaching model TIRTA pada pengembangan kompetensi pedagogik guru Agama Islam di SMK Negeri 4 Buton Utara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan berangkat dari pengembangan kompetensi guru, di mana terdapat bukti empiris bahwa guru masih kurang kompeten dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar meskipun telah mengikuti berbagai bentuk pengembangan kompetensi. Pokok permasalahan adalah bagaimana meningkatkan kompetensi pedagogik pada guru Agama Islam dalam bentuk supervisi dengan pendekatan coaching yang selama ini tidak mendapat perhatian khusus dari satuan pendidikan. Masalah penelitian yaitu bagaimana keadaan kompetensi guru sebelum dan sesudah penelitian, bagaimana penerapan dan dampak penerapan supervisi akademik dengan pendekatan coaching model TIRTA terhadap kompetensi guru Agama Islam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tentang pengembangan kompetensi guru Agama Islam, penerapan dan dampak penerapan supervisi akademik dengan pendekatan coaching model TIRTA pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 4 Buton Utara. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Deskriptif-Case Study dengan pendekatan kualitatif, subjek dalam penelitian ini yaitu 3 orang Guru Agama Islam di SMK Negeri 4 Buton Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, sesi coaching, dan pemberian form jurnal refleksi. Instrumen penelitian ini yaitu catatan obsevasi, video dan catatan wawancara, jurnal refleksi, dokumen sesi coaching. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan non statistik. Waktu penelitian yaitu pada semester 2 tahun 2025 (Februari-April).
Penelitian yang berlangsung kurang lebih 3 bulan ini mendapatkan beberapa temuan sebagai berikut yaitu 1) pengembangan kompetensi pedagogik guru Agama Islam lebih maksimal, lebih terarah dan lebih berdampak dalam bentuk supervisi akademik dengan pendekatan coaching model TIRTA dibanding pengembangan diri yang mereka lakukan sebelu program supervise-coaching 2) penerapan supervisi akademik dengan pendekatan coaching dilaksanakan secara berkelanjutan dalam bentuk siklus yang diawali dengan pra-supervisi, observasi awal, umpan balik dan diskusi, coaching, observasi, lalu kembali umpan balik dan diskusi, refleksi 3) ketiga partisipan dalam penelitian memiliki pengembangan kompetensi yang berbeda selama program, di mana keterampilan mengelola kelas menjadi trend pilihan pengembangan guru.
Kata Kunci: Supervisi akademik, Coaching, Coaching model TIRTA