ISTIQRA' EFEKTIVITAS ICT ( INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY ) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KULISUSU BARAT KABUPATEN BUTON UTARA

  • ISTIQRA
Keywords: ICT, Kemampuan Peserta didik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Teknologi merupakan media pembelajaran berbasis multimedia yang mampu menyediakan berbagai pengetahuan ilmiah untuk memecahkan masalah serta memenuhi kebutuhan pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar, melalui penyajian grafis, teks, suara, video, dan animasi. Beragam jenis teknologi dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk mempermudah penyampaian materi, seperti teknologi komputer, internet, dan telepon. Dalam penelitian ini, peneliti berupaya mengkaji kemampuan peserta didik dalam menguasai teknologi informasi melalui penggunaan komputer, LCD proyektor, serta internet untuk mempelajari dan mempraktikkan secara langsung mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 1 Kulisusu Barat.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi tingkat penguasaan teknologi (termasuk komputer, proyektor, dan internet) oleh pendidik dan peserta didik, serta dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Kulisusu Barat. Studi ini mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menafsirkan makna langsung dan menarik kesimpulan berdasarkan interpretasi tersebut. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi.

Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas penggunaan media komputer, proyektor, dan internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII belum optimal. Indikator pembelajaran efektif yang diamati, meliputi motivasi belajar, tujuan pembelajaran, kesesuaian materi, persiapan pra-pembelajaran, pemanfaatan media, dan kegiatan tindak lanjut, menunjukkan hasil yang kurang memuaskan.

Kondisi ini berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Selain itu, banyak siswa kurang aktif, kurang termotivasi, kurang fokus, dan sering mengobrol selama proses pembelajaran. Pemanfaatan komputer dan proyektor oleh pendidik juga masih didominasi metode ceramah satu arah dan monoton, yang gagal menarik perhatian serta menurunkan antusiasme peserta didik dalam mengikuti pelajaran.

.

Kata Kunci: ICT, Kemampuan Peserta didik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Published
2025-07-12