ISTIQRA' IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 83 DANTE MARARI KABUPATEN ENREKANG

  • ISTIQRA
Keywords: Metode Tutor Sebaya, Motivasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 83 Dante Marari Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 83 Dante Marari, Kabupaten Enrekang, yang memerlukan pendekatan inovatif seperti metode tutor sebaya (peer tutoring) untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik.

Tujuan penelitian ini untuk; a. memahami pengalaman siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI dengan metode tutor sebaya. b. mengetahui pandangan guru terhadap penggunaan metode tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. c. mengidentifikasi dinamika interaksi antara tutor sebaya dan siswa dalam proses pembelajaran PAI di SDN 83 Dante Marari Kabupaten Enrekang. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dengan credibility, transferability, depensbility dan confirmability.

Hasil dari penelitian ini bahwa, Penggunaan metode tutor sebaya (peer tutoring) dalam pembelajaran PAI di SDN 83 Dante Marari Kabupaten Enrekang memberikan dampak positif yang signifikan bagi siswa dan tutor. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, lebih aktif berpartisipasi dalam diskusi, bertanya, dan mengungkapkan pendapat, yang menciptakan suasana belajar dinamis, menyenangkan, dan mendukung pemahaman materi, terutama pada topik seperti tata cara ibadah dan akhlak. Metode ini juga meningkatkan keterampilan sosial seperti kerja sama, berpikir kritis, dan inisiatif belajar mandiri, di mana siswa lebih proaktif mencari informasi dan menyelesaikan tugas. Bagi tutor sebaya, pendekatan ini mengembangkan kemampuan kepemimpinan, empati, dan komunikasi, menciptakan interaksi emosional yang santai, sehingga mengurangi rasa segan siswa untuk bertanya. Dukungan guru dalam menciptakan suasana inklusif dan mendampingi proses pembelajaran semakin memperkuat keberhasilan metode ini dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa secara efektif.

 

Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Motivasi Belajar.

Published
2025-07-10