ISTIQRA' Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Iman, Takwa Dan Akhlak Mulia Siswa Di Sman 1 Kulisusu Kabupaten Buton Utara
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan dalam mata pelajaran PAI serta dampaknya terhadap pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Kulisusu, Kabupaten Buton Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI dan siswa kelas X dan XI yang menjadi bagian dari pelaksanaan strategi pembelajaran berdiferensiasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menyesuaikan konten, proses, dan produk pembelajaran berdasarkan tiga aspek utama: kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa. Guru menyediakan berbagai pilihan tugas dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan serta ketertarikan siswa. Misalnya, siswa dengan kecenderungan visual diberi materi berbasis media gambar dan video, sedangkan siswa yang lebih aktif secara verbal diberi tugas diskusi dan presentasi. Guru juga melakukan evaluasi secara berkelanjutan untuk memantau perkembangan siswa secara individual. Strategi ini berdampak positif terhadap peningkatan partisipasi belajar, penghayatan terhadap ajaran Islam, serta munculnya perilaku religius seperti jujur, disiplin, dan menghormati sesama. Lingkungan kelas menjadi lebih inklusif dan siswa merasa dihargai dalam proses belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan iman, takwa dan akhlak mulia siswa.
Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam, iman, takwa, akhlak mulia.