ISTIQRA' PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN 145 BANCA KABUPATEN ENREKANG
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditandai dengan kurangnya partisipasi aktif dan minat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menerapkan pendekatan saintifik sebagai strategi meningkatkan motivasi belajar siswa. Permasalahan pada penelitian ini yaitu; a. Bagaimana motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? b. Bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? c. Apakah penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN 145 Banca Kabupaten Enrekang?
Tujuan penelitian ini untuk; a. mengetahui motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. b. menganalisis penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. c. mengidentifikasi penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN 145 Banca Kabupaten Enrekang. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan Teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan teknik analisis dimana hasil tes peserta didik melalui penskoran.
Hasil dari penelitian ini bahwa, Motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN 145 Banca Kabupaten Enrekang umumnya mengalami peningkatan sehinnga mencapai maksimal, terutama saat metode pembelajaran bersifat interaktif dan kontekstual. Faktor-faktor seperti peran guru, dukungan keluarga, serta ketersediaan fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi siswa. Penerapan pendekatan saintifik dengan lima tahap utama mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan terbukti meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik, terutama dalam berpikir kritis dan percaya diri menyampaikan pendapat. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan media pembelajaran dan kurangnya keberanian bertanya. Dengan inovasi pembelajaran yang tepat, pendekatan saintifik mampu meningkatkan partisipasi aktif, minat belajar, serta hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar