ISTIQRA' INOVASI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENGEMBANGKAN DINAMIKA PEMBELAJARAN DI SDN 141 BULE KABUPATEN ENREKANG
Abstract
Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah; karena masih rendahnya dinamika pembelajaran di SDN 141 Bule Kabupaten Enrekang, yang ditandai dengan kurangnya keterlibatan aktif siswa dan variasi metode pengajaran. Upaya ini penting untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Tesis ini membahas tentang Bagaimana inovasi pengelolaan kelas di SDN 141 Bule Kabupaten Enrekang. Bagaimana penerapan inovasi pengelolaan kelas untuk meningkatkan dinamika pembelajaran di SDN 141 Bule Kabupaten Enrekang. Bagaimana hasil belajar peserta didik melalui penerapan inovasi pengelolaan kelas di SDN 141 Bule Kabupaten Enrekang.
Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian kualitaif dengan pendekatan theology, pedagogic dan psikologis. Dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan; Credibility, Transferability, dependability, dan confirmability. Tujuan penelitian ini untuk; Mengetahui inovasi pengelolaan kelas. Mengidentifikasi penerapan inovasi pengelolaan kelas untuk meningkatkan dinamika pembelajaran. dan Menganalisis hasil belajar peserta didik melalui penerapan inovasi pengelolaan kelas di SDN 141 Bule Kabupaten Enrekang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Inovasi pengelolaan kelas di SDN 141 Bule Kabupaten Enrekang menunjukkan dampak positif terhadap dinamika pembelajaran, hasil belajar, dan kualitas interaksi di lingkungan sekolah. Penerapan metode seperti diskusi kelompok, pembelajaran berbasis proyek, permainan edukatif, dan penggunaan teknologi berhasil menciptakan suasana kelas yang lebih interaktif, meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif peserta didik, serta memperkuat keterampilan sosial mereka. Selain itu, pendekatan yang inklusif dan perhatian guru terhadap kebutuhan peserta didik membantu menciptakan rasa aman dan nyaman di kelas, yang mendukung peningkatan rasa percaya diri siswa. Hasilnya, peserta didik lebih mudah memahami materi, berani mengemukakan pendapat, dan menunjukkan pencapaian belajar yang lebih baik. Keberhasilan inovasi ini memerlukan kreativitas guru, persiapan yang matang, serta dukungan sarana dan prasarana, sehingga pengelolaan kelas yang dinamis dapat terus berkelanjutan.
.
Kata Kunci: Inovasi Pengelolaan Kelas, Dinamika Pembelajaran