ISTIQRA' PENGGUNAAN STRATEGI THE STUDY OF GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN THARIKH ISLAM DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH MAMUJU
Abstract
Proses penerapan pembelajaran pendidikan tharik islam terhadap keseharian peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah Mamuju masih sangat rendah. Fenomena ini di temukan dari pengamatan peneliti serta wawancara langsung dengan guru pamong. Oleh karena itu sebuah upaya guna mengatasi dan menalangi kondisi tersebut, digunakan strategi pembelajaran yang efektif agar hasil belajar serta keaktifan pembelajaran dapat meningkat pada materi pendidikan tharik islam siswa siswi semakin membaik, serta peneliti menawarkan strategi yang menarik yaitu pembelajaran pendidikan tharik islam dengan strategi study of group adalah membagi siswa dalam beberapa kelompok yang bekerja sama antar satu siswa dengan yang lainnya untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan strategi pembelajaran The Study Of Group dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar terhadap siswa siswi kelas 7 SMP Muhammadiyah Mamuju. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus secara partisipan yaitu penelitian terlibat langsung dalam proses penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian bertempat di SMP Muhammadiyah Mamuju. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII dengan jumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar tes meliputi soal pre-test dan post-test, dan wawancara. Teknik analisis data dianalisis secara deskriptif dengan mencari nilai rata-rata dan presentase keberhasilan belajar peserta didik. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan 1) Penerapan metode pembelajaran The Study Of Group dilaksanakan dengan siklus I dan siklus II. 2) Hasil pre-test yang dilakukan pada siklus I dengan penerapan metode pembelajaran The Study Of Group yang mampu mencapai nilai ketuntasan dari 28 peserta didik hanya 10 peserta didik sementara 18 peserta didik lainnya belum tuntas dengan nilai rata-rata 68 dan presentasi klasikal sebesar 36% pada hasil post-test I. Pada siklus II, hasil post-test II yang dilakukan sudah mampu mencapai nilai ketuntasan sebanyak 20 peserta didik dan belum tuntas berjumlah 8 orang dengan nilai rata-rata 79 dan presentase klasikal sebesar 71%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran The Study Of Group dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Tharikh Islam kelas VII SMP Muhammadiyah Mamuju dan dikategorikan baik.
Kata Kunci: Strategi, Study Of Group, Hasil Belajar, Tharikh Islam