ISTIQRA' PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 SARUDU KABUPATEN PASANGKAYU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembentukan sikap toleransi melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Sarudu, Kabupaten Pasangkayu. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada urgensi pendidikan agama dalam membentuk karakter toleran di lingkungan sekolah yang multikultural. Fokus penelitian meliputi: (a) penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; (b) kendala dalam pembentukan sikap dan perilaku toleransi; serta (c) efektivitas metode dan strategi pembelajaran dalam menumbuhkan sikap toleransi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta uji keabsahan data menggunakan prinsip credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berkontribusi signifikan dalam membentuk sikap toleransi melalui internalisasi nilai moderasi, pembiasaan hidup rukun, dan penghargaan terhadap perbedaan. Kendati demikian, proses ini menghadapi tantangan seperti keberagaman latar belakang sosial, pendekatan pembelajaran yang masih bersifat teoritis, dan keterbatasan kompetensi guru. Meski begitu, strategi seperti pendekatan dialogis, kegiatan inklusif, dan kolaborasi antarpihak sekolah terbukti efektif dalam menciptakan suasana sekolah yang harmonis dan inklusif, serta memperkuat interaksi sosial peserta didik lintas latar belakang.
Kata Kunci: sikap toleransi, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti