ISTIQRA' ANALISIS KOMPETENSI AKADEMIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI TRANSISI KURIKULUM GANDA PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN SARUDU KABUPATEN PASANGKAYU

  • ISTIQRA
Keywords: Kompetensi Akademik,, Kurikulum Ganda

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tantangan implementasi dualisme kurikulum KTSP-Merdeka di SD Kecamatan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu, yang menyebabkan tumpang tindih materi dan asesmen tanpa panduan integrasi yang jelas, diperparah oleh keterbatasan infrastruktur dan kesenjangan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi akademik guru PAI, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, mendeskripsikan upaya penyesuaian metode pembelajaran, serta menganalisis dampak penerapan kurikulum ganda terhadap efektivitas pembelajaran PAI. Dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi, ditemukan bahwa kompetensi akademik guru PAI masih bervariasi, dengan banyak guru mengalami kesulitan dalam menerapkan metode inovatif dan mengaitkan capaian pembelajaran dengan karakteristik siswa. Kendala utama mencakup minimnya pelatihan, pendampingan yang terbatas, serta beban administratif tinggi. Meski demikian, guru tetap berupaya melakukan penyesuaian, seperti menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Namun, penerapan dua kurikulum secara bersamaan terbukti menurunkan efektivitas pembelajaran, sehingga diperlukan dukungan sistemik agar pendidikan PAI dapat mencapai tujuannya secara optimal.

 

 

Kata Kunci: Kompetensi Akademik, Kurikulum Ganda.

Published
2025-07-04