ISTIQRA' PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE BUZZ GROUP DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII 2 MTS DDI KOTA BONTANG
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana Penerapan Pembelajaran Metode Buzz Group dalam Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas VIII 2 MTs DDI Kota Bontang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar akidah akhlak dengan pembelajaran yang menggunakan metode Buzz Group, khususnya di Kelas VIII 2 MTs DDI Kota Bontang.
Sebagai penyempurna tulisan ini, penulis menggunakan jenis Penelitian metode penilitian tindakan kelas kualitatif dengan melalui tiga tahapan siklus, Dengan teknik dan alat pengumpulan data; observasi, dokumentasi dan tes. Dengan teknik analisis; reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Penerapan metode buzz group berdasarkan hasil analisis dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh kesimpulan bahwa dari hasil observasi pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa apabila dilihat dari aspek motivasi hanyalah sebesar 50.044% dan termasuk dalam kategori motivasi yang rendah. Selanjutnya pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa apabila dilihat dari aspek motivasi mengalami peningkatan sebesar 32.176% menjadi sebesar 82.22% dan termasuk dalam kateori motivasi yang tinggi. Hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak yaitu dari hasil analisis tes belajar siswa pada pra siklus diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 62.167 termasuk dalam kategori kurang dari total nilai 1492 dengan persentase ketuntasan klasikal hanya sebesar 29.17%. Selanjutnya hasil belajar siswa terus mengalami peningkatan pada siklus I dengan skor rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 67.667 namun masih dalam kategori kurang dengan total nilai 1624 dengan persentase ketuntasan klasikal 37.5%. Selanjutnya pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 80.833 dan termasuk dalam kategori tinggi dengan total nilai 1940 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87.5%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa apabila motivasi siswa dalam belajar mengalami peningkatan maka hasil belajar juga akan mengalami peningkat. Kendala yang ditemukan dalam penerapan pembelajaran metode buzz group pada mata pelajaran akidah akhlak peserta didik kelas VIII 2 MTs DDI Kota Bontang yaitu dari sejumlah data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi tampaknya ada sejumlah hambatan yang dalam melaksanakan diskusi yang efektif, yaitu: 1). Keterbatasan waktu 2). Kurang konsentrasinya siswa 3). Kemampuan berbicara 4). Keterbatasan bahan pelajaran.
.
Kata Kunci: Metode Buzz Group, Hasil Belajar Aqidah Akhlak