ISTIQRA' PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 KOTA BONTANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle Pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kota Bontang. Penelitian ini dengan latar belakang pembelajaran yang masih konvensional, bagaimana meningkatkannya dengan tujuan, untuk mengetahui Uapaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Bontang.
Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian kuantitatif dengan model eksperimen semu, Dengan populasi sebanyak 50 orang dan sampelnya 50 siswa yang mengikuti tes. Teknik dan alat pengumpulan data; observasi, dokumentasi dan tes. Dengan teknik analisis data; uji homogenitas sampel, uji normalitas data, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini bahwa, Hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di Kelas VII G SMP Negeri 2 Kota Bontang yaitu memiliki hasil belajar PAI yang dihitung dari 25 orang, peserta didik yang memiliki kategori tinggi sebanyak 5 orang dengan persentase 20%, hasil belajar peserta didik dengan kategori sedang sebanyak 16 orang dengan persentase 64%, serta hasil belajar peserta didik dengan kategori kurang sebanyak 4 orang dengan persentase 16%, selisih rata-rata kenaikan hasil belajar peserta didik adalah 27,94 dengan persentase 87,72%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan model pembelajaran inside outside circle meningkat dengan persentase rata-rata kenaikan hasil belajar siswa yaitu 87,72%. Peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan penerapan model pembelajaran inside outside circle pada peserta didik Kelas VII G SMP Negeri 2 Kota Bontang yaitu hasil analisis pada pengujian statistik inferensial yaitu uji t, diperoleh hasil uji hipotesis thitung = 1,911 > dari ttabel yakni pada taraf signifikan 5% sama dengan 1,679. Dengan demikian thitung jauh lebih besar daripada ttabel yaitu 1,679 <1,911, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara implementasi model pembelajaran inside outside circle dengan peningkatan hasil belajar di kelas VII G SMPN 2 Kota Bontang
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inside Outside Circle, Hasil Belajar.