ISTIQRA' Aktualisasi Kegiatan KeagamaanGuru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Karakter Religiusitas Peserta Didik (Studi Kasus Di SMP Negeri 5 Wonomulyo)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Aktualisasi Kegiatan Keagamaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Karakter Religiusitas Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Negeri 5 Wonomulyo). Latar belakang penelitian ini didasarkan pengajaran untuk menyiapkan peserta didik dimasa yang akan datang dengan nilai-nilai religius. Fokus penelitian terbagi menjadi 3 (tiga) aspek pokok, sebagai berikut: (1) penanaman nilai-nilai karakter spritual peserta didik, (2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses pembentukan karakter spritual peserta didik, (3) implikasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter spritual peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Memperoleh data dengan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan beberapa teknik yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pendekatan pedagogis yaitu suatu ilmu yang mengkaji tentang strategi/cara, pendekatan psikologis suatu ilmu yang mempelajari atau memperhatikan keadaan sekitar, pendekatan sosiologis yaitu suatu ilmu yang terfokus menganalisa suatu aspek-aspek sosial yang terjadi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran dan penanaman pendidikan Agama Islam yang benar memiliki potensi yang baik untuk kecerdasan yang akan terbentuk terutama spritual. Pengembangan spritual membentuk seseorang untuk menemukan makna hidup dan ketenangan karena itu pengembangan spritual dianggap sebagai yang paling penting dalam kehidupan. Dengan memiliki karakter spritual peserta didik dapat mengetahui dan membedakan antara yang baik dan yang buruk. Penelitian ini menegaskan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di sekolah SMP Negeri 5 Wonomulyo memiliki peran: sebagai pengajar, sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai motivator, dan sebagai evaluator. Guru melakukan segala macam cara dengan maksimal guna untuk mengaktualisasikan hasil pengembangan pembentukan karakter peserta didik.
Kata Kunci: Aktualisasi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kegiatan Keagamaan, Karakter Religiusitas, Peserta Didik