ISTIQRA' PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE TALKING STICK PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 005 BONTANG UTARA

  • ISTIQRA
Keywords: Pembelajaran Cooperative Tipe Talking Stick, Hasil Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana Peningkatan Hasil Belajar cooperative Tipe Talking Stic pada Peserta Didik  Kelas V SD Negeri 005 Bontang Utara. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui tentang hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Cooperative Tipe Talking Stick dalam pembelajaran PAI khususnya di SDN 005 Bontang Utara.

Sebagai penyempurna tulisan ini, penulis menggunakan jenis Penelitian metode penilitian tindakan kelas kualitatif dengan melalui tiga tahapan siklus, Dengan teknik dan alat pengumpulan data; observasi, dokumentasi dan tes. Dengan teknik analisis; reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Hasil belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Negeri 005 Bontang Utara yaitu peserta didik masih cenderung kurang aktif dan pemahaman peserta didik masih kurang, banyak peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM (nilai KKM=70). Dari hasil UTS nilai peserta didik tertinggi adalah 88 dan nilai terendah 62. Pembelajaran Cooperative Tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Negeri 005 Bontang Utara bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar atau Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh Sekolah yaitu 70. Terbukti pada pre test dari 20 peserta didik yang mengikuti tes, 4 peserta didik yang tuntas dan 16 peserta didik yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan hasil belajar 20%. Presentase ketuntasan hasil belajar meningkat pada post test siklus I yaitu 45% dengan 20 peserta didik yang mengikuti tes, 9 peserta didik tuntas dan 11 peserta didik tidak tuntas. Selanjutnya presentase ketuntasan meningkat lagi pada post test siklus II yaitu 85% dengan 20 peserta didik mengikuti tes, 17 peserta didik tuntas dan 3 peserta didik tidak tuntas.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative Tipe Talking Stick , Hasil Pembelajaran PAI

Published
2025-07-02