Jurnal Penerapan Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam
Jurnal pendidikan dan pemikiran islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan minat belajar PAI pada peserta didik di SMP Negeri 13 Parepare, mengetahui peran guru dalam meningkat minat belajar peserta didik di SMP Negeri 13 Parepare dan mengetahui minat belajar peserta didik di SMP Negeri 13 Parepare setelah penerapan Contextual Teaching and Learning. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan minat belajar PAI pada peserta didik di SMP Negeri 13 Parepare berjalan lancar. Peran guru dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Parepare adalah guru berusaha memperkaya ide dan gagasan, memotivasi peserta didik, memberikan apresiasi berupa hadiah dari prestasi yang didapatkan oleh peserta didik, melatih sikap positif untuk membentuk kebiasaan peserta didik serta memberikan motivasi kepada peserta didik untuk selalu aktif terlibat dalam pembelajaran serta senang membicarakan sikap positif yang dilakukan oleh peserta didik.