ISTIQRA' Penerapan Mono Disipliner, Interdisipliner, Multi Disipliner, Dan Transdisipliner Dalam Pendidikan Agama Islam

  • ISTIQRA
Keywords: mono-disipliner, interdisipliner, multi-disipliner, transdisipliner

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memainkan peran penting dalam membentuk karakter peserta didik yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Seiring perkembangan zaman, pendekatan dalam pengajaran PAI mengalami transformasi, dari pendekatan mono disipliner menuju interdisipliner, multidisipliner, hingga transdisipliner. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penerapan keempat pendekatan tersebut dalam konteks pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis literatur. Hasil menunjukkan bahwa masing-masing pendekatan memiliki keunggulan dan tantangan tersendiri, tergantung pada konteks penerapannya. Pendekatan transdisipliner dinilai lebih relevan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21, karena mampu mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk menyelesaikan masalah secara holistik.

Kata Kunci: mono-disipliner, interdisipliner, multi-disipliner, transdisipliner

Published
2024-12-04