ISTIQRA' Materi Pai Dengan Pendekatan Sosiologi
Abstract
Penelitian ini membahas tentang materi Pendidikan Agama Islam dalam pendekatan sosiologi. Pendekatan sosiologi adalah pendekatan yang berhubungan dengan kemasyarakatan dalam sudut pandangan masyarakat secara luas dan universal. Pendidikan Agama Islam berdasarkan sudut pandang sosiologi merupakan pendidikan yang mengutamakan konsep “rahmatan lil alaamiin”, yaitu suatu konsep yang dibawa oleh Rasulullah SAW pertama kali untuk memberikan solusi hidup bermasyarakat dalam naungan yang damai, sejahtera dan penuh toleransi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian literature atau kepustakaan. Adapun data primernya adalah berupa jurnal-jurnal dari penelitian yang relevan, sedangkan analisisnya menggunakan analisis kepustakaan atau literatur.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Agama dalam sudut pandang sosiologi adalah sebagai pemberi edukasi kepada masyarakat, pencerah dan penyelamat, yang mana didalamnya menunjung tinggi toleransi antara ummat beragama. 2) Relevansi materi PAI dengan perkembangan masyarakat adalah pendidikan agama memegang peranan penting dalam membangun moral masyarakat dan nilai-nilai yang beradab sehingga hal tersebut dapat membangun masyarakat yang lebih baik di masa yang akan datang dari berbagai aspek kehidupan. 3) Materai PAI untuk perdamaian dan persaudaraan merupakan materi pendidikan yang mengembangkan prinsip keadilan di antara manusia tanpa membedakan ras, suku dan agamanya. Yang dikedepankan adalah membangun persamaan drajat dan tidak menzhalimi orang lain, serta menghargai masing-masing. 4) Materi PAI dalam perspektif multikulturalisme adalah pendidikan yang membangun saling menghormati di antara perbedaan yang ada, tidak memaksakan kebenaran masing-masing. Sementara itu dalam perspektif toleransi, Pendidikan Agama Islam memegang prinsip toleransi yang tinggi namun tegas dalam tauhid dan tidak memaksakan suatu keyakinan pada orang lain.
Kata Kunci: PAI, Sosiologi, Agama